Apa yang Dimaksud dengan Lapisan Horizon pada Tanah? Materi IPA

By Grace Eirin, Rabu, 7 Juni 2023 | 09:30 WIB
Pengertian lapisan horizon tanah dan jenisnya. (freepik/jcomp)

Bobo.id - Tanah merupakan salah satu komponen lingkungan yang penting bagi kehidupan

Dengan adanya tanah, manusia, hewan, dan tumbuhan dapat memperoleh tempat hidup dan tempat berpijak. 

Tanah yang sehat adalah tanah yang mengandung kombinasi antara mineral dan bahan organik berupa air, udara, dan kehidupan. 

Di dalam tanah yang subur, terdapat kandungan air dan zat hara yang dibutuhkan tumbuhan untuk hidup dan melakukan fotosintesis.

Dari tanah, tumbuhan bisa mendapatkan mineral dan air untuk bertahan hidup, sehingga tumbuhan bisa memberikan manfaat kepada semua makhluk hidup. 

Nah, berdasarkan lapisannya, ada yang disebut dengan lapisan horizon tanah. 

Pada pelajaran IPA untuk SMP, kita kan belajar mengenal apa itu lapisan horizon tanah. Yuk, temukan kunci jawaban pertanyaan tersebut dari penjelasan berikut ini!

Lapisan Tanah

Tanah tersusun dari mineral dan bahan organik, dengan formasi dan komposisi yang berbeda. Oleh karena itu, tanah terdiri dari beberapa lapisan. 

Berdasarkan komponen penyusunnya, tanah dibedakan menjadi empat lapisan, yakni lapisan tanah atas, lapisan tanah tengah, lapisan tanah bawah, dan lapisan batuan induk. 

Lapisan tanah atas berwarna gelap kehitaman, memiliki ciri fisik subur, dan mengandung sekitar 45% mineral, sehingga cocok untuk menanam. 

Lapisan tanah tengah berwarna lebih cerah dari lapisan atas, terbentuk dari pelapukan, dan populer dengan nama tanah liat. 

Baca Juga: Perbedaan Ilmu Geografi dan Ilmu Geologi, Materi IPA