7 Ras Kucing Bertubuh Besar yang Bisa Jadi Hewan Peliharaan, Tertarik Pelihara?

By Amirul Nisa, Minggu, 13 Agustus 2023 | 19:00 WIB
Main coon salah satu ras kucing bertubuh besar yang bisa dipelihara. (VBlock/pixabay)

Bono.id - Dari berbagai jenis hewan yang bisa jadi hewan peliharaan, kucing adalah salah satu yang banyak disukai. Bila teman-teman ingin memelihara kucing di rumah, ada beberapa jenis atau ras kucing yang bisa jadi pilihan. Salah satu yang menarik adalah ras kucing yang bertubuh besar, menarik, dan terlihat gagah. Kucing-kucing dengan ukuran tubuh yang besar ini tidak hanya menarik dari segi penampilan tapi juga kepribadian. peliharaan berbulu dan bertubuh besar ini, ada beberapa ras yang bisa jadi pilihan. Berikut beberapa informasi tentang tujuh ras kucing bertubuh besar yang aman jadi hewan peliharaan. 1. Maine Coon Maine Coon adalah salah satu ras kucing bertubuh besar yang paling terkenal dan banyak dijadikan hewan peliharaan. Kucing ini memiliki bulu tebal dan panjang dengan beragam warna dan pola. Selain itu, ras kucing ini juga memiliki tubuh yang besar dan berotot, serta ciri khas telinga yang panjang dengan bulu lebat di sekitar lehernya. Meskipun ukuran tubuhnya besar, Maine Coon dikenal sebagai kucing yang ramah dan menyenangkan.

Baca Juga: 6 Ras Kucing yang Cocok untuk Dipelihara Pemula, Ada Persia hingga Ragdoll

 Ras ini juga memiliki sifat yang cenderung aktif dan suka bermain, sehingga cocok jadi teman bermain di rumah. 2. Ragdoll Ragdoll adalah ras kucing bertubuh besar yang memiliki bulu lembut dan panjang dengan warna-warna yang cantik. Nama ras ini sesuai pada ciri khas hewan ini yang cenderung "meleleh" saat diangkat, sehingga memberikan kesan ragdoll atau boneka kain. Ragdoll memiliki kepribadian yang tenang dan penyayang, hingga seringkali mengikuti pemiliknya di sekitar rumah. Bahkan kucing jenis ini juga dikenal ramah terhadap orang lain dan hewan peliharaan lain. 3. Siberian Siberian adalah ras kucing asal Rusia yang memiliki bulu tebal dan tahan pada cuaca dingin. Hewan ini memiliki ukuran tubuh yang besar dan kuat, serta ekor yang lebat. Siberian juga memiliki sifat yang ramah, cerdas, dan suka bermain. Kucing ini juga seringkali memiliki hubungan yang kuat dengan pemiliknya dan dapat menjadi teman yang setia. 4. British Shorthair Meskipun memiliki bulu pendek, British Shorthair adalah salah satu ras kucing bertubuh besar yang terkenal. Baca Juga: Hari Kucing Sedunia Diperingati Tiap 8 Agustus, Bagaimana Asal-usulnya?

Jenis ini memiliki ciri berupa kepala yang bulat dan tubuh yang gemuk, hingga memberikan kesan yang menggemaskan. Kucing ini juga punya sifat yang tenang dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Selain itu, kucing ini juga cenderung santai dan tidak terlalu aktif, sehingga cocok untuk teman-teman yang lebih suka lingkungan yang tenang.5. Norwegian Forest Cat Norwegian Forest Cat, atau kucing hutan Norwegia, adalah ras kucing bertubuh besar yang memiliki bulu tebal dan lebat. Ras kucing ini awalnya berasal dari daerah beriklim dingin, sehingga memiliki bulu yang tahan pada cuaca dingin. Ras ini juga dikenal memiliki kemampuan beradaptasi yang baik dan bisa menjalin hubungan yang erat dengan alam. Kucing ini akan suka memanjat dan bermain, sehingga cocok untuk teman" yg suka bermain dengan kucing aktif di rumah. 6. Chausie Chausie adalah hasil dari persilangan antara kucing domestik dan kucing liar dari Timur Tengah. Kucing ini memiliki tubuh yang ramping, namun tetap bertubuh besar dan berotot, dengan pendek dan mengkilap. Baca Juga: Padahal Hewan Karnivora, Kenapa Kucing Tiba-Tiba Suka Makan Rumput?

 Jenis kucing ini juga memiliki sifat yang aktif dan suka bermain, karena tingkat energi yang tinggi, selain itu kucing ini juga cerdas dan dapat dilatih beberapa trik. 7. Savannah Savannah adalah hasil persilangan antara kucing domestik dan serval, kucing besar yang ditemukan di Afrika. Kucing ini memiliki ukuran tubuh yang besar dan ciri khas bulu dengan pola seperti kucing liar. Savannah memiliki sifat yang cerdas, energetik, dan suka tantangan, sehingga  bisa dilatih beberapa trik dengan cepat. Nah, itu tujuh rekomendasi kucing bertubuh besar yang bisa jadi pilihan untuk dipelihara di rumah.

Artikel ini dibuat dengan bantuan AI dan diperiksa ulang oleh Redaksi Bobo.id.

----

Kuis!

Apa ciri dari ras kucing Maine Coon?

Petunjuk: cek di halaman 1!

Lihat juga video ini, yuk!