Mengenal Moh. Yamin, Tokoh dalam Sumpah Pemuda dan Perumus Pancasila

By Amirul Nisa, Sabtu, 19 Agustus 2023 | 10:00 WIB
Patung sosok Moh. Yamin pada Museum Sumpah Pemuda. (Creative Commons/NaidNdeso)

Bobo.id - Teman-teman mungkin sudah sering mendengar nama Mohammad Yamin, salah satu pahlawan nasional Indonesia.

Tokoh satu ini punya banyak peran penting termasuk dalam peristiwa besar, seperti Sumpah Pemuda dan perumusan Pancasila.

Kali ini, kita akan berkenalanan dengan sosok Mohammad Yamin dari latar belakang dan peranannya dalam berbagai peristiwa penting.

Mengenal Sosok Moh. Yamin

Mohammad Yamin merupakan pahlawan yang lahir di Talawi, Sawahlunto, Sumatra Barat pada 23 Agustus 1903.

Tokoh yang dikenal dengan nama Moh. Yamin ini menempuh pendidikan dari Sekolah Desa yang kemudian berlanjut ke Sekolah Rakyat di Mingankabau.

Moh. Yamin yang merupakan putra pasangan Usman Baginda Khatib dan Siti Saadah pun tetap melanjutkan pendidikannya setelah lulus dari Sekolah Rakyat.

Ia melanjutkan pendidikan ke Algemeen Middelbare School (AMS) di Yogyakarta yang merupakan sekolah setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Nah, selama bersekolah di Yogyakarta, ia mulai mempelajari hukum hingga bersekolah di Rechts Hooge School atau Sekolah Tinggi Hukum, dengan gelar Meester in Rechten (Mr).

Selama hidupnya, Moh. Yamin tidak hanya bergerak dibidang hukum seperti pendidikan yang ditempuh.

Ia juga menjadi seorang sastrawan yang menciptakan banyak karya, lo. Salah satu karyanya yang terkenal adalah Ken Arok dan Ken Dedes dan berbagai tulisan sejarah lainnya.

Bahkan dengan kemampuan berbahasa asingnya, ia juga menerjemahkan karya penulis barat, sepeti karya William Shakespeare.

Baca Juga: Kapan Pancasila Diresmikan sebagai Dasar Negara Indonesia? Ini Rinciannya