Serunya Belajar tentang Restorasi Ekosistem di Science Film Festival 2023

By Rahwiku Mahanani, Senin, 23 Oktober 2023 | 08:45 WIB
Pembukaan Science Film Festival di Plaza Insan Berprestasi, Kemedikbudritsek, Jakarta. (Bobo.id/RM)

Bobo.id – Untuk istilah “ekosistem”, mungkin banyak teman-teman yang sudah tidak asing. Namun, bagaimana dengan “restorasi”?

Kalau kita membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI dan mencari arti restorasi, maka yang muncul adalah pengembalian atau pemulihan ke keadaan semula.

Nah, sederhananya restorasi ekosistem berarti membantu ekosistem yang rusak atau hancur untuk kembali pulih sekaligus melestarikan ekosistem yang masih utuh.

Belajar Restorasi Ekosistem Melalui Film

Pemutaran film pada pembukaan Science Film Festival. (Bobo.id/RM)

Di tahun 2023 ini, Science Film Festival kembali digelar di Indonesia oleh Goethe-Institut.

Science Film Festival merupakan perayaan komunitas sains di Asia Tenggara, Asia Selatan, Afrika, dan Timur Tengah.

Festival yang pertama kali digelar di tahun 2005 di Thailand ini mempromosikan literasi sains, menyajikan isu ilmiah, teknologi, dan lingkungan, serta menunjukkan bahwa sains bisa menyenangkan, teman-teman.

Nah, tahun ini merupakan edisi keempat belas Science Film Festival dan tema yang diusung adalah “Agenda Dekade Restorasi Ekosistem dari PBB”.

Science Film Festival 2023 menjangkau siswa SD-SMA di 70 kabupaten/kota secara hybrid mulai dari 21 Oktober hingga 30 November 2023.

Science Film Festival akan memutar 18 film yang sudah dikurasi, dari 12 negara, yakni Afrika Selatan, Amerika Serikat, Argentina, Brazil, Chile, Indonesia, Inggris, Jerman, Kazakhstan, Kolombia, Tanzania, dan Thailand.

Baca Juga: 6 Manfaat Menonton Film, Sarana Belajar hingga Relaksasi