BMKG Prediksi Hujan Lebat di Beberapa Wilayah Hingga 5 November, Ini Daftarnya

By Grace Eirin, Sabtu, 4 November 2023 | 11:00 WIB
BMKG prediksi terjadinya hujan lebat di beberapa wilayah. (Hilary Halliwell/pexels)

Bobo.id - Teman-teman, apakah di wilayah tempat tinggalmu sudah mengalami hujan

Memasuki awal bulan November, beberapa wilayah di Indonesia sudah mengalami hujan dengan kategori ringan hingga lebat. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Kompas.com, menyebutkan bahwa sejumlah wilayah berpotensi hujan lebat mulai 2 November kemarin. 

Dalam akun Instagram resminya, BMKG menjelaskan bahwa hingga 5 November beberapa wilayah berada dalam kategori 'Siaga dan Waspada' terhadap bencana hidrometeorologi. 

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan bahwa tidak semua wilayah akan diguyur hujan, namun beberapa wilayah diprediksi akan mengalami hujan lebat. 

Selain itu, sebagian besar wilayah di Indonesia diperkirakan akan diguyur hujan pada dasarian 2 November, yakni mulai 11-20 November 2023. 

Untuk itulah, BMKG merilis Impact-Based Forecast (IBF) atau prakiraan berbasis dampak. 

Impact-Based Forecast (IBF) merupakan informasi prakiraan yang sudah memperhitungkan potensi dampak yang akan terjadi akibat dari cuaca. 

Di dalam IBF, juga disajikan rekomendasi respons atau langkah yang harus dilakukan masyarakat terkait dampak dinamika cuaca tersebut. 

Nah, berdasarkan data prakiraan cuaca IBF tersebut, ada sejumlah wilayah di Indonesia yang diprediksi akan mengalami hujan lebat. 

Daftar Wilayah Terdampak Hujan Lebat

Baca Juga: Kenapa Suhu Lingkungan di Indonesia Semakin Panas? Ini Penjelasan BMKG