Dikhawatirkan Meningkatkan Pemanasan Global, Apa Kelebihan dan Kekurangan Panel Surya?

By Amirul Nisa, Sabtu, 30 Desember 2023 | 14:00 WIB
Panel surya yang dipasang di atap rumah. (PhotoMIX-Company/pixabay)

Bobo.id - Sebagai negara tropis, Indonesia dianggap mampu mengembangkan sumber energi terbarukan menggunakan energi surya.

Karena itu, pemasangan panel surya yang digunakan untuk proses pengubahan energi banyak dilakukan.

Namun sayangnya, dikutip dari Kompas.com, penggunaan panel surya disebut beberapa orang bisa menyebabkan peningkatan pemanasan global.

Tapi apa sebenarnya keuntungan dan kelebihan penggunaan panel surya? Kali ini teman-teman akan belajar tentang kelebihan dan kekurangan yang dijelaskan berikut.

Panel surya terdiri dari beberapa komponen yang bisa mengubah cahaya menjadi energi listrik yang kemudian bisa kita gunakan.

Dengan begitu, pemasangan panel surya pun banyak dilakukan baik secara individu di setiap rumah hingga pemerintah membuat pemasangan panel surya dalam jumlah besar.

Pemasangan panel surya pun juga dilakukan di atas permukaan danau sehingga tidak memakan lahan milik warga.

Namun, pemasangan ini dikhawatirkan mengurangi penguapan air yang dibutuhkan untuk membuat hujan dan menurunkan suhu di Bumi.

Pendapat tersebut memang bisa terjadi tapi menurut ahli, panel surya di atas danau dengan jumlah yang tidak terlalu banyak belum tentu bisa berdampak pada pemanasan global.

Tapi selain itu apa kelebihan dan kekurangan dari panel surya yang bisa hasilkan listrik? Berikut penjelasannya.

Kelebihan Panel Surya

Baca Juga: 8 Dampak Pemanasan Global, dari Kebakaran hingga Krisis Air Bersih