Unsur Iklan Elektronik: Radio, Televisi, dan Internet, Materi Kelas 5 SD

By Fransiska Viola Gina, Selasa, 19 Maret 2024 | 11:00 WIB
Unsur-unsur iklan radio, televisi, dan internet. (freepik/pch.vector)

Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9, kita akan belajar tentang unsur iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet.

Menurut KBBI, iklan adalah pesan untuk mendorong khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Dulu, iklan hanya disampaikan lewat media cetak, misalnya koran, majalah, atau selebaran di pinggir jalan.

Namun seiring perkembangan zaman, promosi juga disampaikan melalui media elektronik. Itulah iklan elektronik.

Promosi ini dilakukan dengan menerbitkan atau menampilkan iklan, baik berupa video, audio, maupun visual. 

Di era sekarang ini, iklan elektronik banyak dipilih karena bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas.

Unsur Iklan Elektronik

Di buku halaman 71, kita diminta mengisi tabel unsur iklan elektronik radio, iklan televisi, dan iklan internet.

Apakah teman-teman sudah menemukan jawabannya? Berikut ini Bobo akan berikan alternatifnya. Simak, yuk!

1. Radio

Iklan radio memiliki kekuatan pada unsur audio atau suara untuk menarik perhatian dan minat para pendengar.

Penggunaan musik atau efek suara sangat mendukung hasil produksi dalam pembuatan iklan radio.

Karena hanya ada satu unsur pada iklan elektronik radio, maka iklan radio harus dibuat dengan sejelas mungkin.

Baca Juga: 3 Jenis Iklan Elektronik: Radio, Televisi, Internet, Materi Kelas 5 SD