Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9, kita akan belajar tentang iklan elektronik dengan memberinya penilaian.
Seiring berkembangnya zaman, media elektronik semakin marak dimiliki dan digunakan oleh masyarakat.
Hal ini memicu perkembangan iklan yang awalnya menggunakan media cetak, kini menggunakan media elektronik.
Media elektronik adalah istilah untuk bentuk media komunikasi massa yang berbasis teknologi komunikasi.
Sementara iklan elektronik adalah iklan yang disampaikan di media elektronik, seperti radio, televisi, dan internet.
Meski begitu, karakteristik dari iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet ini tidak sama atau berbeda-beda.
Iklan radio memiliki karakter audio atau suara. Iklan televisi dan internet punya karakter suara dan gambar.
Meski begitu, iklan elektronik, baik iklan radio, iklan televisi, maupun iklan internet punya unsur yang sama.
Secara umum, unsurnya meliputi perhatian, minat, keinginan, rasa percaya, dan juga tindakan, teman-teman.
Penilaian terhadap Iklan Elektronik
Di halaman 71-72, ada tiga gambar iklan elektronik. Kita diminta memberi penilaian terhadap iklan dan alasannya.
Penilaian itu bisa disesuaikan dan dikaitkan dengan unsur-unsur iklan yang telah kita pelajari sebelumnya.
Baca Juga: Unsur Iklan Elektronik: Radio, Televisi, dan Internet, Materi Kelas 5 SD
Apakah teman-teman sudah menemukan jawabannya? Berikut ini Bobo punya akan berikan alternatifnya. Simak, yuk!
1. Iklan Biskuit
Penilaian:
Menurut penilaian saya, iklan di atas kurang memenuhi unsur-unsur iklan elektronik yang menarik perhatian.
Alasan:
Hal ini karena iklan biskuit pada gambar di atas hanya menggunakan gambar tanpa tulisan sama sekali.
Tanpa adanya narasi atau tulisan yang jelas, maka khalayak luas bisa salah menangkap apa yang diiklankan.
Dengan gambar di halaman 71, ada yang menganggap itu iklan susu, ada yang menganggap iklan biskuit.
Unsur dasar iklan juga tidak terpenuhi. Sebab, di gambar iklan tidak ada nama produk dan keunggulannya.
Gambar itu akan jadi sia-sia karena tidak ada informasi yang jelas sehingga masyarakat tidak tertarik.
Karena tak ada unsur dasar iklan, maka gambar itu tak bisa dianggap iklan. Melainkan hanya gambar biasa.
Baca Juga: Memberikan Penilaian Terhadap Iklan Elektronik, Cari Jawaban Kelas 5 SD
2. Iklan Susu Minumlo
Penilaian:
Menurut penilaian saya, iklan pada gambar di atas sudah cukup menarik untuk menjadi iklan elektronik.
Alasan:
Iklan itu bisa dibilang menarik karena nama produknya jelas. 'Minumlo' adalah sebuah produk susu sapi kalengan.
Hal ini terlihat dengan adanya gambar sapi. Ada juga gambar anak yang sedang bermain olahraga basket.
Gambar iklan juga telah menunjukkan keunggulan produk, yakni "Padat Gizi, Kaya Energi, Kalsium Tinggi".
Dengan informasi yang jelas, kemungkinan masyarakat pada produk yang ditawarkan jadi lebih tinggi.
3. Iklan Speed Up
Penilaian:
Menurut penilaian saya, iklan pada gambar di atas termasuk iklan elektronik yang bisa menarik perhatian khalayak luas.
Baca Juga: Ciri-Ciri Bahasa Iklan Elektronik dan Penjelasannya, Materi Kelas 5 SD
Alasan:
Hal ini karena iklan sudah memenuhi unsur berupa: nama produk, gambar, dan keunggulan produknya.
Apalagi ada penonjolan "promo 50%". Tentu saja, masyarakat akan lebih tertarik dengan barang yang diskon.
Gambarnya pun unik dan menarik. Sayangnya, iklan ini masih kurang jelas sedang memasarkan jenis produk apa.
Nah, itulah penilaian terhadap gambar iklan elektronik halaman 71-72. Semoga informasi ini bisa bermanfaat!
----
Kuis! |
Apa yang dimaksud dengan iklan elektronik? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.
Ikuti juga keseruan rangkaian acara ulang tahun Majalah Bobo yang ke-50 di majalah, website, dan media sosial Majalah Bobo, ya! #50TahunMajalahBobo2023