10 Ucapan Idulfitri dalam Bahasa Padang serta Terjemahnya

By Amirul Nisa, Sabtu, 6 April 2024 | 18:00 WIB
Contoh ucapan selamat lebaran dalam bahasa Padang. (Findmagu via Canva)

 

Bobo.id - Menjelang Lebaran, apakah teman-teman sudah menyiapkan ucapan Idulfitri untuk sanak keluarga dan teman terdekat?

Kali ini, akan dibagikan beberapa contoh ucapan Idulfitri dalam bahasa Padang atau bahasa Minang yang bisa teman-teman contoh.

Ucapan ini cocok untuk teman-teman yang berasal dari Padang atau Minang untuk berkirim ucapan selamat.

Atau teman-teman yang memiliki sanak saudara di Padang, memberikan ucapan ini dengan bahasa daerah mereka tentu akan mengesankan.

Melalui ucapan ini, teman-teman bisa bertukar kabar dan bersilaturahmi meski berjarak.

Ucapan ini juga bisa dikirimkan bersama dengan hampers atau bingkisan lebaran untuk teman atau saudara.

Berikut beberapa contoh ucapan Idulfitri dalam bahasa Padang yang bisa teman-teman coba gunakan nanti.

Contoh Ucapan Idulfitri dalam Bahasa Padang

1. Kadang mato salah mancaliak, hati salah manggugat, muluik salah bakato hinggo manuriah. Di bulan jo hari nan suci nangko, jo niaik satulus hati, ambo nio mamohon maaf sagadang-gadangnyo Minal Aidin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahia jo Batin.

Artinya: Terkadang mata salah dalam melihat, hati salah saat menggugat, mulut salah berucap hingga menyayat. Di bulan dan hari yang suci ini, dengan niat setulus hati, saya ingin memohon maaf sebesar-besarnya. Minal Aidin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

2. Katiko tangan indak bisa saliang basalam, mato indak pulo bisa batamu muko, jo pasan singkek nangko ambo menyampaian: Salamai Hari Rayo Idulfitri, Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahia jo Batin.

Artinya: Ketika tangan tak bisa saling menjabat, mata tak pula bisa saling menatap, maka melalui pesan singkat ini saya mengucap: Selamat Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah! Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Baca Juga: 10 Contoh Ucapan Hari Raya Idulfitri Bahasa Sunda untuk Keluarga