Unsur-Unsur Iklan Televisi, Radio, dan Internet, Materi Kelas 5 SD

By Fransiska Viola Gina, Senin, 15 April 2024 | 08:00 WIB
Unsur-unsur iklan radio, televisi, dan internet. (freepik)

Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 9, kita akan belajar tentang unsur pada iklan televisi, radio, dan internet.

Saat menonton televisi, mendengar radio, atau mencari sesuatu di internet, pasti kita melihat adanya iklan. Apa itu?

Menurut KBBI, iklan adalah pesan untuk mendorong khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Untuk menawarkan barang atau jasanya, iklan bisa disebarkan di mana saja, seperti di media elektronik.

Iklan yang dibagikan di media elektronik, seperti di radio, televisi, dan internet itu disebut dengan iklan elektronik.

Unsur Iklan Elektronik

Seperti kita tahu, setiap media elektronik, seperti televisi, radio, dan internet punya karakteristik berbeda.

Hal ini membuat iklan yang disampaikan melalui tiap media elektronik itu punya karakter yang berbeda pula.

Misalnya, iklan yang disampaikan di televisi sangat berbeda dengan iklan yang ada di radio maupun di internet.

Berikut ini Bobo akan menjelaskan unsur-unsur yang ada dalam iklan televisi, iklan radio, dan iklan internet.

1. Unsur Iklan Televisi

Secara umum, ada setidaknya empat unsur dalam iklan yang ditampilkan melalui televisi. Berikut di antaranya:

Suara

Baca Juga: Kesimpulan Informasi Penting tentang Isi Iklan Elektronik, Materi Kelas 5 SD