Bagaimana Upaya Daendels untuk Mempertahankan Pulau Jawa? Materi IPS

By Amirul Nisa, Senin, 27 Mei 2024 | 12:00 WIB
Herman Daendels Williem yang pernah menjadi Gubernur Jenderal Hindia Belanda. (Lukisan Raden Saleh)

Bobo.id - Ada banyak hal yang terjadi selama masa penjajahan terjadi di Indonesia.

Beberapa kali pemimpin didatangkan dari Belanda untuk menguasai berbagai wilayah di Indonesia dan salah satunya adalah Herman Willem Daendels atau dikenal dengan panggilan Daendels.

Tokoh ini merupakan politikus dari Belanda yang ditugaskan menjadi Gubernur Jenderal Hindia Belanda.

Pada materi IPS kelas 8 SMP kali ini, kita akan belajar tentang tokoh ini khususnya dalam usahanya mempertahankan pulau Jawa.

Pertama, mari mengenal dulu tokoh Daendels, sebelum mengenal berbagai upayanya dalam mempertahankan Pulau Jawa.

Herman Willem Daendels

Daendels adalah tokoh politik di Belanda yang lahir pada 21 Oktober 1762 dan sudah melakukan banyak aksi politik sejak usia 18 tahun.

Bahkan pada usia muda, Daendels sudah bergabung dengan pasukan Batavia yang republikan hingga diangkat menjadi jenderal.

Pada tahun 1795, Daendels masuk tentara Republik Bataaf hingga diangkat menjadi letnan jenderal dan berperan dalam penyusunan Undang-Undang Dasar Belanda.

Di tahun 1806, Daendels dipanggil oleh Louis Napoleon, Raja Belanda saat itu, untuk diberikan perintah berbakti di tentara Belanda.

Banyak tugas sudah dilakukan Daendels untuk negaranya hingga akhirnya ia diangkat menjadi Gubernur Jenderal Hindia Belanda menggantikan Albertus Wiese.

Dikirimnya Daendels menjadi Gubernur Jenderal Hindia Belanda tentunya dengan tugas khusus yang berkaitan dengan runtuhnya VOC atau Vereenigde Oostindische Compagnie.

Baca Juga: Apa Saja Kebijakan yang Dibuat VOC di Bidang Ekonomi? Materi Sejarah