Meriahnya Gebyar Gerakan Sekolah Sehat 2024, dari Sarapan Sehat hingga Permainan Tradisional

By Iveta Rahmalia, Rabu, 29 Mei 2024 | 11:45 WIB
Gebyar Gerakan Sekolah Sehat diselenggarakan di SMP Negeri 177 Jakarta. (Bobo.id/Iveta)

Bobo.id - Pada Selasa (28/5) lalu, Gebyar Gerakan Sekolah Sehat diselenggarakan di SMP Negeri 177 Jakarta. Acara ini bertujuan memberikan informasi dan menyebarluaskan Gerakan Sekolah Sehat (GSS).

O iya, GSS ini adalah bagian dari program Merdeka Belajar. Tujuannya untuk meningkatkan peran UKS sebagai upaya untuk membimbing seluruh warga pendidikan dalam melaksanakan prinsip hidup sehat dalam aktivitasnya sehari-hari. 

Ada banyak kegiatan seru dalam acara ini, lo. Teman-teman siswa juga ikut dalam aktivitas yang berfokus pada pada 5S, yakni Sehat Bergizi, Sehat Fisik, Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa dan Sehat Lingkungan.

GSS 2024 dibuka oleh tarian tradisional dari para siswa untuk menyambut kedatangan Mendikbudristek, yakni Pak Nadiem Anwar Makarim.

Mitra Baru Gerakan Sekolah Sehat

Sepanjang tahun 2022 hingga 2023, GSS telah menjalin kerja sama dengan 38 mitra. Majalah Bobo juga menjadi salah satu mitra GSS, lo!

Pada GSS 2024 ini, juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan 12 mitra baru dari dunia industri, dunia usaha, organisasi nonpemerintah, lembaga swadaya masyarakat, serta kementerian/lembaga.

Sarapan Sehat dan Aktif Bergerak

Untuk memperkenalkan Sehat Bergizi, Gebyar GSS 2024 menyediakan stan yang memamerkan jenis-jenis makanan bergizi untuk bekal, sarapan dan jajanan.

Pameran ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan menyeluruh tentang nilai gizi dari setiap makanan.

Selain Sehat Bergizi, diperkenalkan juga Sehat Fisik dengan mengajak para peserta melakukan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) bersama dan permainan tradisional seperti Ular tangga, Engklek, Lompat tali karet, dan Lari balok. 

Baca Juga: Keren! Ini Para Juara di AIA Healthiest Schools Competition