Bobo.id - Pada materi matematika Kurikulum Merdeka kelas 5 SD, kita akan belajar tentang penjumlahan pecahan.
Sebagai informasi, pecahan merupakan bagian dari satu keseluruhan dari suatu kuantitas tertentu, teman-teman.
Pecahan juga bisa diartikan pula sebagai bilangan yang dinyatakan sebagai p/q (p=pembilang dan q=penyebut).
Bilangan pecahan terbagi jadi beberapa jenis, seperti pecahan biasa, campuran, desimal, dan pecahan senilai.
Nah, di materi pecahan kelas 5 SD kali ini, kita akan belajar untuk menjumlahkan pecahan. Cari tahu, yuk!
Menghitung Pecahan Berpenyebut Sama
Perlu diketahui, cara menghitung penjumlahan pecahan ini bisa berbeda-beda, tergantung angka penyebutnya.
Kali ini, kita akan terlebih dahulu untuk belajar menghitung pecahan yang memiliki angka penyebut yang sama.
Untuk menghitung penjumlahan pecahan yang berpenyebut sama, kita hanya perlu menambahkan angka pembilang.
Ini artinya, kita tidak perlu menambah atau mengubah bilangan penyebut. Ingat, penyebut ada di bagian bawah.
Jadi, ketika pecahan berpenyebut sama dijumlahkan, yang berubah pada hasil akhirnya hanya pembilang.
Contoh soal:
Baca Juga: Cara Mengurutkan Pecahan dalam Matematika, Kelas 5 SD Kurikulum Merdeka
1. 1/2 + 3/2 = ?
Jawaban: (1 + 3) / 2 = 4/2 = 2
2. 4/3 + 1/3 = ?
Jawaban: (4 + 1) / 3 = 5/3 = 1 2/3
3. 5/7 + 1/7 = ?
Jawaban: (5 + 1) / 7 = 6/7
Jawab Soal Eksplorasi 3.2A
Nisa mempunyai martabak delapan rasa sama besar, yaitu rasa cokelat, tiramisu, keju, teh hijau, oreo, karamel, nanas, dan stroberi.
Nisa memberikan Komang dua bagian yaitu karamel dan stroberi. Nisa memberikan bagian rasa nanas kepada Lukas.
Karena Komang memiliki seorang adik, maka Nisa memberinya dua bagian rasa, yaitu rasa karamel dan rasa stroberi.
Dari cerita itu, kita diminta menjawab soal: Berapa jumlah bagian yang Nisa berikan kepada teman-temannya?
Untuk menjawabnya, kita diminta melengkapi titik-titik pada langkah penyelesaian di halaman 77. Simak, yuk!
Baca Juga: Contoh Soal Mengubah Pecahan Campuran Menjadi Desimal, Materi Kelas 4 SD
Jawaban:
Lukas mendapatkan 1 bagian dari 8 bagian martabak.
Bisa dituliskan: 1/8 (seperdelapan)
Komang mendapatkan 2 bagian dari 8 bagian martabak.
Bisa dituliskan: 2/8 (dua per delapan)
Jadi, jumlah bagian martabak Nisa yang diberikan kepada Lukas dan Komang adalah 1 dan 2 bagian.
Bisa dituliskan: 3/8 (tiga per delapan)
Eksplorasi di atas dapat ditunjukkan dengan menggunakan arsiran. Kita diminta membantu Nisa untuk mengarsir:
Jadi, jumlah bagian yang diberikan kepada Komang dan Lukas adalah:
1/8 + 2/8 = 3/8.
Nah, itulah alternatif untuk menjawab soal 'Eksplorasi 3.2A' di halaman 76. Semoga informasi ini bisa bermanfaat, ya!
Baca Juga: Bagaimana Cara Mengubah Desimal Menjadi Pecahan? Materi Kelas 4 SD Tema 2
----
Kuis! |
Apa yang dimaksud dengan pecahan? |
Petunjuk: cek di halaman 1! |
Lihat juga video ini, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.