Berhasil! Misi Polaris Dawn Mendarat Setelah 5 Hari di Angkasa

By Grace Eirin, Senin, 16 September 2024 | 20:00 WIB
(Tangkapan layar dari X) Kapsul kru misi Polaris Dawn sedang mendarat turun di Teluk Meksiko. (SpaceX/X)

Bobo.id - Setelah lima hari penerbangan, akhirnya para astronaut dalam misi Polaris Dawn berhasil mendarat kembali ke Bumi. 

Dalam unggahan melalui media sosial X, SpaceX menyampaikan bahwa misi Polaris Dawn mendarat dengan selamat di Teluk Meksiko, pada pukul 3.36 pagi EDT tanggal 15 September 2024. 

Jared Issacman, salah satu astronaut yang berangkat dan menjadi komandan misi mengucapkan terima kasih atas bantuan besar yang sudah diberikan selama misi berlangsung. 

Peristiwa bersejarah ini disaksikan oleh para astronaut di International Space Station (Stasiun Ruang Angkasa Internasional).

Misi Polaris Dawn melakukan perjalanan ruang angkasa beranggotakan empat orang dan diluncurkan pada 10 September 2024. 

Misi tersebut lepas landas di atas roket SpaceX Falcon 9 pada 10 September, pukul 5.23 EDT (0923 GMT) dari Launch Complex-39A di Kennedy Space Center NASA.

Beberapa jam setelah diluncurkan, empat awak astronaut mencapai orbit tertinggi di sekitar Bumi dan melampaui rekor yang dibuat pada masa-masa awal NASA. 

Siapa saja empat astronaut tersebut? 

Awak Polaris Dawn terdiri dari seorang astronaut veteran, dua personel SpaceX yang berpengalaman dalam peluncuran dan operasi misi berawak, dan seorang mantan pilot tempur. 

Pemimpin misi ini yaitu Jared Isaacman yang sudah memiliki sekitar 6.000 jam pengalaman terbang. 

Baca Juga: Astronaut Polaris Dawn Gunakan Pakaian Antariksa Terbaru, Ini Keunggulannya

Sedangkan dua personel SpaceX berpengalaman yaitu Sarah Gillis dan Anna Menon, selaku insinyur operasi ruang angkasa utama di SpaceX.