Hati-Hati! Ini 5 Hewan yang Bisa Sebarkan Penyakit di Dalam Rumah

By Amirul Nisa, Minggu, 13 Oktober 2024 | 14:00 WIB
Kecoak, salah satu jenis hewan yang bisa menyebarkan penyakit pada manusia. (Picas Joe/pexels)

Bobo.id - Hewan kecil yang dikira hanya hama pembuat rumah kotor ternyata bisa lebih berbahaya dengan menyebarkan beragam jenis penyakit.

Beberapa jenis hewan bisa membawa bakteri atau virus yang bisa berpindah ke manusia hingga sebabkan masalah kesehatan serius.

Karena itu, penting bagi teman-teman untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah agar terhindari dari berbagai penyebar penyakit.

Lalu, hewan apa saja yang bisa menyebarkan penyakit pada manusia? Berikut akan dijelaskan lima jenis hewan penyebar penyakit yang bisa ditemukan di sekitar kita.

1. Nyamuk

Nyamuk adalah salah satu hewan kecil paling berbahaya di dunia, yang bisa menyebarkan beberapa jenis penyakit.

Di daerah tropis dan subtropis, nyamuk sering menjadi penyebab utama penyebaran penyakit seperti malaria, demam berdarah, zika, dan chikungunya.

Jenis nyamuk seperti Anopheles (penyebab malaria), Aedes aegypti (penyebab demam berdarah dan zika), serta Culex (penyebab penyakit West Nile) adalah yang paling berbahaya.

Untuk mencegah nyamuk berkembang biak di rumah, penting untuk memperhatikan kebersihan lingkungan rumah.

Teman-teman harus pastikan tidak ada genangan air, menggunakan kelambu, hingga rutin memaka obat nyamuk untuk mengusir hama kecil ini.

2. Tikus

Baca Juga: Mengapa Lalat Sulit Ditangkap oleh Manusia? Ternyata Ini Alasannya