Jadi Penghargaan Bergengsi di Dunia, Siapa yang Berhak Dapat Hadiah Nobel?

By Grace Eirin, Sabtu, 12 Oktober 2024 | 16:00 WIB
Mengenal fakta mengenai Hadiah Nobel. (brgfx/freepik)

Bobo.id - Pada beberapa waktu lalu, daftar peraih Hadiah Nobel 2024 sudah dirilis. Siapa saja mereka?

Ada beberapa kategori penghargaan di dalamnya, yaitu Hadiah Nobel FIsika, Hadiah Nobel Kimia, Hadiah Nobel Fisiologi atau Kedokteran, dan Hadiah Nobel Sastra. 

Hadiah Nobel Fisika diberikan kepada seorang fisikawan John J. Hopfield dan ahli komputer Geoffrey E. Hinton atas jasa mereka mengembangkan metode pembelajaran mesin, sebuah dasar teknologi kecerdasan buatan. 

Di bidang kimia, Hadiah Nobel diberikan kepada David Baker untuk desain protein komputasional dan Demis Hassabis serta John M. Jumper untuk prediksi struktur protein. 

Hadiah Nobel Fisiologi atau Kedokteran dianugerahkan kepada ilmuwan biologi dari AS yaitu Victor Ambros dan Gary Ruvkun atas penemuan RNA- mikro dan fungsinya. 

Di bidang sastra, Hadiah Nobel diberikan kepada penulis Korea Selatan, Han Kang atas prosa puitis yang menyingkap kerapuhan kehidupan manusia. 

Tapi, apa sebenarnya Hadiah Nobel itu, Bo? Lalu, siapa saja yang bisa mendapatkannya? 

Yuk, simak faktanya dari artikel ini!

Hadiah Nobel

Bersumber dari nobelprize.org, Hadiah Nobel merupakan penghargaan bagi ilmu pengetahuan, humanisme, dan upaya perdamaian. 

Hadiah Nobel ini adalah bentuk peninggalan dari Alfred Nobel, seorang ilmuwan kimia dari Swedia yang berhasil menemukan dinamit. 

Baca Juga: Mengenal Marie Curie, Tokoh yang Dianugerahi Hadiah Nobel pada Dua Bidang Ilmu