Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word, Mudah dan Cepat

By Grace Eirin, Kamis, 7 November 2024 | 19:30 WIB
Cara membuat daftar isi otomatis dengan cepat. (EVG Kowalievska/pexels)

Bobo.id - Bagaimana cara membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word

Membuat daftar isi biasanya digunakan pada beragam format teks, seperti makalah, daftar isi buku, dan tugas lainnya. 

Teman-teman pernah mendapat tugas makalah? 

Makalah adalah karya tulis pelajar atau mahasiswa sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi. 

Kita perlu belajar mengoperasikan beberapa jenis Microsoft Office, salah satunya Microsoft Word untuk mengerjakan tugas makalah.

Tujuannya supaya kita terbiasa mengerjakan tugas menggunakan Microsoft Word di sekolah lanjutan seperti SMP, SMA, bahkan perguruan tinggi, teman-teman.

Nah, berikut ini ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word. 

Yuk, simak!

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis 

1. Buka Microsoft Word di perangkat yang kamu gunakan. (Bobo menggunakan Microsoft Word 2019)

2. Pilih 'Blank Document' untuk membuat dokumen baru. 

Baca Juga: Tips Mudah Memindahkan Tabel dari Microsoft Excel ke Microsoft Word

3. Pilih menu References atau Referensi. 

4. Arahkan kursor ke bagian paling kiri. 

5. Klik opsi 'Table of Contents'. 

6. Teman-teman bisa memilih format daftar isi sesuai kebutuhan. 

(Tangkapan Layar) Tampilan fitur 'daftar isi' pada Microsoft Word 2019. (Bobo.id)

7. Setelah itu, klik sesuai pilihan. 

8. Dokumenmu akan terisi dengan format daftar isi otomatis. 

9. Ubah setiap tulisan 'Type chapter title' menjadi daftar isi, judul bab, dan subjudul bab pada makalah. 

Perhatikan gambar di bawah ini. 

(Bobo.id)

10. Atur halaman sesuai makalah yang sudah dibuat. 

Baca Juga: Rumus Excel Penjumlahan ke Samping, Lengkap dengan Cara Menggunakannya

11. Jika ada perubahan tambahan, klik 'Update Table' pada bagian atas format daftar isi. 

Nah, itulah cara mudah membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word, teman-teman. 

Cara Menambahkan Nomor Halaman

Selain membuat daftar isi otomatis, teman-teman juga harus bisa menambahkan nomor halaman di bagian bawah setiap lembar makalah. 

Berikut ini cara menambahkan nomor halaman dengan mudah. 

1. Buka aplikasi Microsoft Word, kemudian atur margin sesuai dengan dokumen yang dibutuhkan. 

2. Kamu bisa mengetik isi dokumen terlebih dahulu, sebelum menyisipkan nomor halaman. 

3. Setelah selesai mengetik dokumen, klik Insert di toolbar atas, kemudian cari menu Page Number.

4. Jika kamu ingin menambahkan nomor di bawah halaman, pilih menu Bottom of Page. Sebaliknya, jika ingin meletakkan nomor halaman di atas, maka pilih Top of Page

5. Kemudian akan muncul pilihan gaya dan peletakan nomor halaman, pilih dan klik sesuai kebutuhanmu. 

6. Pilih jenis penomoran, misalnya dengan angka 1, 2, 3, atau dengan simbol i, ii, iii

(Editor: Heni Widiastuti)

----

Kuis!

Apa itu makalah?

Petunjuk: cek di halaman 1!

Lihat juga video ini, yuk!

---- 

Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo. 

Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.