Bobo.id - Teman-teman ingin tahu cara memindahkan tabel dari Excel ke Word agar hasilnya sama? Yuk, cari tahu di artikel ini!
Beberapa dari teman-teman mungkin sudah mulai mengerjakan tugas dengan menggunakan Microsoft Excel.
Biasanya ini dilakukan saat kita mengolah data. Tak jarang juga, kita perlu memindahkan data dari Excel ke Word.
Namun, seringkali hasil tampilan tabel menjadi berantakan setelah kita pindahkan ke Microsoft Word.
Nah, sekarang teman-teman tidak perlu khawatir, karena Bobo punya beberapa cara mudah untuk memindahkan tabel Excel ke Word agar hasilnya tetap sama dan rapi.
Cara Memindahkan Tabel Excel ke Word
1. Menggunakan Fitur Paste Options
Pertama, teman-teman bisa menyalin tabel. Caranya, blok tabel di Excel lalu tekan Ctrl+C.
Setelah itu, buka Microsoft Word, klik kanan pada tempat yang ingin kita tambahkan tabel, lalu pilih Paste.
Setelah itu, teman-teman bisa memilih opsi yang sesuai, misalnya:
- Keep Source Formatting: Untuk mempertahankan format asli tabel Excel.
Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Rumus Dasar Microsoft Excel untuk Mengolah Data
- Use Destination Style: Untuk menyesuaikan format tabel dengan gaya Word.
- Link and Keep Source Formatting: Untuk menghubungkan tabel dengan data di Excel dan mempertahankan format asli.
- Link and Use Destination Style: Untuk menghubungkan tabel dengan data di Excel dan menyesuaikan format dengan gaya Word.
- Picture: Untuk mengubah tabel menjadi gambar, tetapi tabel tidak bisa diedit.
- Keep Text Only: Untuk memindahkan teks saja tanpa format apa pun.
2. Menggunakan Paste Special
Sama seperti cara pertama, kita perlu menyalin tabel terlebih dahulu. Teman-teman bisa blok tabel di Excel lalu tekan Ctrl+C.
Kemudian buka dokumen Microsoft Word, klik kanan pada tempat yang ingin kita tambahkan tabel, lalu pilih Paste Special.
Lalu, teman-teman bisa memilih format yang sesuai, misalnya Excel Worksheet Object untuk mempertahankan format asli.
3. Menggunakan AutoFit
Terkadang, ukuran tabel bisa terlalu besar untuk ukuran kertas di Microsoft Word. Untuk mengatasi tabel yang terlalu besar, ini langkah-langkah bisa kita lakukan:
Baca Juga: Rumus Excel Penjumlahan ke Samping, Lengkap dengan Cara Menggunakannya
- Buka file tabel pada Excel yang akan kita salin ke Word.
- Lalu pilih atau blok semua tabel dan pilih Copy dengan mengklik kanan (bisa juga dengan Ctrl + C).
- Kemudian, buka Word dan salin di halaman yang diinginkan. Blok semua tabel dengan mengklik simbol panah di ujung kiri atas tabel.
- Pilihlah Table Tools dan pilih lagi Layout dan klik AutoFit.
Jika memilih cara ini, teman-teman akan mendapatkan tabel yang rapi dan ukurannya sesuai dengan halaman kerja pada Microsoft Word.
Rumus Dasar Microsoft Excel
1. SUM: Berfungsi untuk menjumlahkan nilai dari beberapa sel.
2. AVERAGE: Berfungsi untuk menghitung rata-rata dari beberapa nilai.
3. MAX: Berfungsi untuk mencari nilai terbesar dari beberapa nilai yang ada.
4. MIN: Berfungsi untuk mencari nilai terkecil dari beberapa nilai yang ada.
5. COUNT: Berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka.
Baca Juga: Cara Mudah Mengubah Format Waktu dan Tanggal di Microsoft Excel
6. IF: Berfungsi untuk melakukan pengujian logika. Jika kondisi terpenuhi, maka akan menampilkan satu nilai, jika tidak, akan menampilkan nilai yang lain.
7. VLOOKUP: Berfungsi untuk mencari nilai dalam tabel berdasarkan kolom tertentu.
----
Tonton video ini juga, yuk!
----
Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo.
Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.