Bobo.id - Fungsi logika pada excel penting teman-teman ketahui karena dapat mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita.
Microsoft Excel memang sudah dirancang sebagai software yang digunakan untuk mengolah data angka maupun kata menggunakan fungsi logika tertentu.
Fungsi logika sebenarnya ada banyak, tetapi kali ini kita akan mempelajari fungsi IF, AND, OR, dan NOT. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fungsi logika, simak penjelasannya berikut ini, yuk!
Fungsi Logika pada Microsoft Excel
Fungsi logika Microsoft Excel berfungsi untuk menguji, apakah suatu data memenuhi kriteria atau tidak.
Pada fungsi IF, teman-teman bisa menentukan hasil yang diinginkan. Sedangkan, pada fungsi AND, OR, dan NOT, Microsoft Excel hanya bisa menentukan hasil True atau False ketika menggunakan fungsi ini.
1. Menggunakan Fungsi Logika IF
Fungsi IF adalah fungsi yang bisa teman-teman gunakan untuk mengetahui, apakah suatu data (kriteria) memenuhi syarat atau tidak.
Biasanya, hasilnya adalah sebuah nilai yang benar atau salah menurut perintah fungsi. Misalnya, kita ingin mengetahui hasil nilai rapor tengah semester.
Baca Juga: 2 Cara Mengubah Angka Menjadi Huruf atau Rumus Terbilang di Excel
Inilah langkah-langkah yang haris diikuti, yaitu.
- Hal penting yang harus dilakukan adalah membuat syarat yang menjadi acuan. Syarat ini bisa dibuat di luar tabel yang kita buat, contohnya “Nilai tengah semester lebih besar atau sama dengan 80, maka LULUS selain itu GAGAL.”
Bisa Mengisi Waktu Liburan, Playground Berbasis Sains Interaktif Hadir di Indonesia!
Source | : | ablebits.com |
Penulis | : | Thea Arnaiz |
Editor | : | Sarah Nafisah |
KOMENTAR