AMIR (Ayo Minum Air)

By willa widiana, Selasa, 7 Maret 2017 | 06:11 WIB
Ayo Minum Air (willa widiana)

Teman-teman… ayo kita minum air! Jangan sampai kegiatan kamu terganggu karena kekurangan cairan. Kenapa kita harus minum air?

Kebutuhan Pokok

Air merupakan salah satu kebutuhan pokok makhluk hidup, selain udara dan makanan. Tanpa air, kita akan kehilangan konsentrasi, tubuh akan lemah, dan organ tubuh pun akan terganggu.

Tubuh manusia bisa bertahan selama satu bulan tanpa makan, tetapi tubuh manusia hanya bisa bertahan satu minggu tanpa minum. Jadi, sekarang kamu sudah tahu, kan, kenapa kita harus minum air?

Berapa banyak air yang harus diminum?

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda akan air, misalnya:

Tapi, kebutuhan itu bisa saja berubah. Semakin banyak kegiatan yang kita lakukan, maka air yang kita butuhkan juga semakin banyak.

Saat demam atau sakit, kita harus minum air lebih banyak! Kenapa? Karena saat suhu tubuh naik 1 derajat cecius, cairan di tubuh akan berkurang 100 cc.

Kapan kita harus minum air?

Anak-anak seperti kita disarankan untuk minum 6 gelas air setiap hari. Enam gelas air itu bisa kamu minum secara perlahan, misalnya satu gelas diminum saat bangun tidur, setelah sarapan, setelah makan siang, saat belajar, saat bermain, dan sebelum tidur. Jadi, 6 gelas air itu jangan dimunum sekaligus, ya!

Apakah kita boleh minum minuman yang lain?

Air putih merupakan minuman paling bagus bagi tubuh kita. Tetapi, kebutuhan akan air bisa kita dapatkan juga dari jus tanpa gula, susu tanpa gula, serta buah dan sayur.