Apa yang Bisa Kita Lakukan Saat Equinox?

By Putri Puspita, Kamis, 16 Maret 2017 | 06:29 WIB
Equinox (Foto: c.tadst.com) (Putri Puspita)

Equinox adalah salah satu fenomena astronomi, yaitu saat Matahari melintasi garis khatulistiwa Bumi. Equinox berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu pada 21 Maret dan 23 September. Fenomena equinox bisa menyebabkan suhu menjadi lebih tinggi dari biasanya. Suhu maksimal bisa mencapai 32-36 Celcius.

Menjaga Kesehatan

Beberapa penyakit yang bisa muncul karena suhu panas, antara lain seperti kram panas, kelelahan, dan sengatan panas (heat stroke). Nah, untuk mencegah hal tersebut, penting untuk melindungi diri dari panas dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Pakaian longgar, terang, dan berbahan katun

Saat panas menyengat, pilihlah pakaian longgar untuk memudahkan udara masuk dalam tubuh. Selain itu, sebaiknya pilih warna yang terang karena tak menyerap panas dan berbahan katun yang terasa lebih dingin di kulit.

2. Semprotan air dingin dan botol es

Isi botol semprot dengan air bersih (atau air matang). Simpan di lemari es. Saat kamu merasa panas atau selepas beraktivitas di luar ruangan, kamu bisa menyemprotkannya ke wajah dengan segera. Kamu bisa mencoba menyimpan air dalam botol dan menyimpannya dalam freezer. Saat kamu keluar ruangan, kamu bisa membawanya sebagai salah satu alat pendingin yang praktis.

3. Kipas angin

Kipas angin dapat membantu sirkulasi udara dan membuatmu merasa lebih dingin meskipun dalam ruangan ber-AC.

4. Mandi

Jika kamu biasa mandi dua kali dalam sehari, kamu bisa menambah kuantitasnya dengan mandi tiga kali sehari atau lebih. Dengan begitu, kamu akan lebih cepat terbebas dari rasa gerah yang melanda.

5. Asupan air putih