5 Penjara yang Berubah Jadi Tempat Wisata

By willa widiana, Rabu, 22 Maret 2017 | 03:05 WIB
Robben Island, Afrika Selatan (willa widiana)

Penjara selalu identik dengan tempat orang jahat. Hal itu tidak salah, karena penjara memang dibuat untuk menghukum orang-orang yang melakukan kesalahan. Meksi begitu, ada juga penjara yang berubah jadi tempat wisata.

Robben Island, Afrika Selatan

Tempat ini terletak di pantai Cape Town. Dulu, Robben Island befungsi sebagai tempat bagi penderita kusta, pangkalan militer, dan penjara bagi tahanan politik dengan keamanan yang ketat. Pada tahun 1990-an, tahanan politik yang ada di tempat ini dibebaskan dan tempat inipun tidak digunakan sebagai penjara lagi.

Kini, Robben Island sudah berubah menjadi situs warisan dunia milik UNESCO. Untuk mengunjungi tempat ini, kita harus menempuh perjalanan selama 30 menit dari Cape Town ke Pulu Robben. Dalam satu hari, ada 3 jadwal keberangkatan menuju ke tempat ini.

Old Melbourne Gaol, Australia

Pada tahun 1842 – 1929, tempat ini berfungsi sebagai penjara bagi para penjahat Australia yang terkenal. Penjahat yang ditahan di tempat ini banyak yang dieksekusi gantung. Setelah dieksekusi, wajah dan kepala penjahat tersebut akan ditempeli plester. Plester tersebut akan diubah menjadi topeng dan dipamerkan.

Untungnya, Old Melbourne Gaol sudah berubah menjadi tempat wisata yang buka setiap hari, kecuali Hari Natal dan Jumat Agung. O ya, tempat ini dibuka pukul 09:30 dan tutup pada 17:00. Untuk masuk ke sini, anak-anak harus membayar tiket $10, sedangkan orang dewasa $19.

Alcatraz, Amerika Serikat

Awalnya, tempat ini digunakan sebagai benteng militer dan penjata pada tahun 1850-an. Lalu, pada tahun 1943 – 1963 tempat ini berubah menjadi penjara federal (penjara bagi narapidana yang berbahaya). Penjara Alcatraz tidak dapat ditembus, karena letaknya terpencil dan dikelilingi oleh perairan dingin.

Pada tahun 1962, ada narapidana yang melarikan diri, tapi nasibnya tidak diketahui hingga saat ini. Untuk mengunjungi tempat ini, kamu harus menggunakan Alcatraz Cruise yang beroperasi dari Pier 33 di San Fransisco. Wisata ini buka setiap hari, kecuali hari libur.

Tuol Sleng, Kamboja

Dulu, tempat ini merupakan sekolah tinggi. Tapi, ketika genosida Khmer Rouge berkuasa di tahun 1975, tempat inipun berubah menjadi penjara keamanan 21. Di tempat ini, banyak orang yang terbunuh. Mayat orang-orang itu dikuburkan di sebuah kuburan massal, letaknya sekitar 30 menit ke arah selatan penjara.