Misteri 6 Manusia Kerdil di Indonesia

By Sigit Wahyu, Rabu, 29 Maret 2017 | 09:15 WIB
Homo floresiensis pernah mendiami Flores,18000 tahun yang lampau. Sumber foto: National Museum of Nature and Science, Tokyo | livescience.com (Sigit Wahyu)

Hobbit. Sebutan untuk manusia kerdil dalam cerita karya JRR Tolkien, ternyata ada dalam dunia nyata. Beberapa saksi mata pernah melihat manusia kerdil ini, meski hanya sekilas. Seperti apa manusia kerdil itu? Berikut ini 6 manusia kerdil di Indonesia yang masih diliputi misteri.

1. Manusia Katai di Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Pada pertengahan Maret 2016 yang lalu, beberapa Polisi Kehutan (Polhut) Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Provinsi Lampung sedang berpatroli. Mereka tak sengaja memergoki belasan manusia kerdil sedang berjalan menyusuri pinggir rawa.

Manusia katai tersebut tingginya sekitar 50 cm. Berambut panjang dan gimbal. Tidak memakai pakaian dan memegang tombak kayu.

Petugas tidak mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh orang-orang kerdil tersebut pada sore itu. Apakah mereka sedang mencari ikan atau berburu burung rawa.

Namun, dari belasan orang kerdil itu, satu di antaranya mereka tampak menggendong bayinya.

Rombongan Polhut sempat memantau keberadaan mereka sekitar 5 menit pada jarak pandang sekitar 35 meter. Namun, ketika petugas hendak mendekat, manusia kerdil  tersebut cepat-cepat menyelinap ke balik pohon dan segera menghilang ke dalam rimba.

Manusia kerdil itu larinya cepat dan bisa meloncat cukup jauh.

Tiga hari kemudian, petugas Polhut TNWK yang sedang berpatroli kembali melihat mereka di tempat yang sama. Tetapi kali ini, jaraknya lebih jauh dan waktunya juga lebih singkat.

Dari dua kali perjumpaan itu, petugas Polhut merasa yakin bahwa ada komunitas manusia katai  yang tinggal di dalam hutan TNWK.

Untuk merekam dan membuktikan keberadaan mereka, pihak Balai TNWK kini memasang beberapa kamera tersembunyi. Jika kelompok orang kerdil tersebut bisa ditemukan, pihak TNWK ingin sekali bisa melindungi mereka.

2. Uhang Pandak di Taman Nasional Kerinci Seblat, Jambi