Mengapa Kita Bisa Cegukan dan Bagaimana Mengatasinya?

By Yomi Hanna, Sabtu, 7 Oktober 2017 | 05:35 WIB
Ilustrasi: Melisa Mambo | Bobo.ID (Hanna Vivaldi)

Apakah kamu pernah cegukan? Cegukan adalah kondisi dimana otot diafragma yang memisahkan bagian rongga dada dan perut mengalami kontraksi dalam waktu singkat.

Ini membuat pita suara menutup secara otomatis sehingga mengeluarkan bunyi cegukan yang sulit dihentikan.

Cegukan membuat kita merasa tidak nyaman di bagian dada, perut, dan tenggorokan. Ini bisa berlangsung selama 2 sampai 3 menit atau bahkan lebih. Cegukan dapat berhenti sendiri tanpa kita lakukan pengobatan apapun.

Kenapa, ya, kita bisa cegukan?

1. Makan terburu-buru

Makan dengan terburu-buru dapat membuat udara masuk ke saluran pencernaan yang membuat kontraksi pada rongga perut dan dada sehingga akhirnya menyebabkan cegukan. Terkadang orang yang mengalami cegukan ini akan merasa muntah, sakit perut, dan sakit pada tenggorokan.

Oleh karena itu, sebaiknya kita makan pelan-pelan dan jangan terlalu cepat. Tetapi seandainya sudah telanjur cegukan, jangan panik. Kamu bisa meminum seteguk air secara perlahan dan hati-hati.

2. Asap pekat

Asap pekat yang merupakan limbah pembakaran atau polusi udara jika dihirup juga dapat menyebabkan cegukan. Asap tersebut masuk melalui saluran pernapasan, baik dari hidung atau pun mulut.

Jika terjadi seperti ini, sebaiknya kita masuk ke ruangan yang udaranya lebih segar dan mengandung oksigen. Selain itu, minum air putih juga bisa dilakukan untuk meredakan cegukan.

3. Perasaan emosi

Perasaan yang terlalu menggebu-gebu seperti rasa senang atau terlalu sedih dapat membuat cegukan. Dorongan emosi yang terlalu kuat membuat bagian otot yang memisahkan perut dan dada mengalami kontraksi.