Nasi Kapau, Kuliner dari Nagari Kapau Sumatera Barat

By Petronela Putri, Jumat, 7 April 2017 | 05:56 WIB
Salah satu penjual Nasi Kapau (Foto: infosumbar.net) (Petronela Putri)

Selain wisata alamnya, Sumatera Barat juga terkenal akan kekayaan kuliner. Selain rendang yang terkenal hingga ke seluruh dunia itu, masih ada banyak jenis panganan lain dari Ranah Minang. Salah satunya adalah Nasi Kapau.

Dari Desa Kapau

Nasi Kapau berasal dari sebuah tempat bernama Desa Kapau atau disebut juga sebagai Nagari Kapau di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Jenis lauk di nasi kapau

Nasi kapau terdiri dari nasi yang dihidangkan dengan sambal dan lauk yang khas. Lauk pauk tersebut di antaranya gulai cubadak (nangka), babek (babat), tambunsu (usus), telur ayam, dendeng balado, belut goreng, rendang, dan lain sebagainya.

Selain itu gulai nangka yang dimasak di warung nasi kapau ini juga sedikit berbeda, sebab memiliki kuah yang tidak terlalu kental. Ada juga campuran sayur lain di dalamnya seperti kol dan kacang panjang.

Perbedaan nasi kapau dengan nasi padang

Di daerah atau kota-kota luar Sumatera Barat, ada banyak sekali pedagang nasi padang. Mungkin sebagian orang menganggap bahwa nasi kapau dan nasi padang adalah nama untuk hidangan yang sama. Padahal, terdapat sedikit perbedaan di antara keduanya, lho!

Di warung nasi padang, lauk-pauk akan dipajang di etalase besar dan disusun hingga tinggi, sehingga para pembeli bisa langsung memilih ingin membeli lauk yang mana. Sedangkan di warung nasi kapau yang ada di daerah Sumatera Barat, umumnya lauk pauk akan dihidangkan dalam wadah-wadah besar di sebuah meja yang lebih rendah daripada posisi duduk penjualnya.

Nah, penjual nasi kapau di luar Sumatera Barat biasanya menghidangkan seluruh lauk-pauk di atas meja, sehingga pembeli bisa memilih sendiri, hendak makan lauk yang mana.

Selain itu, sebuah hidangan nasi kapau yang sebenarnya adalah hidangan yang dijual langsung oleh orang-orang dari Nagari Kapau. Jadi bisa disimpulkan bahwa nasi padang dan nasi kapau bukanlah hidangan yang persis sama.

Sendok gulai nasi kapau