Ditemukan Kembaran Venus yang Mirip Bumi! Mungkinkah Bisa Ditinggali Manusia?

By Aisha Safira, Senin, 10 April 2017 | 05:44 WIB
Kepler-1649 adalah planet kembaran Venus yang mirip Bumi. Foto: twitter.com (Aisha Safira)

Para astronom menemukan lagi planet yang mirip dengan bumi. Mungkinkah planet ini bisa jadi tempat tinggal manusia yang baru?

Kenalan dengan Kepler-1649

Sudah ada beberapa planet mirip baru yang ditemukan oleh para astronomer. Planet-planet ini ditemukan menggunakan teleskop bernama Kepler. Kali ini planet mirip bumi ditemukan lagi lo! Planet ini diberi nama Kepler-1649. Jaraknya dari adalah 129 tahun cahaya. Wah jauh sekali ya! Semirip apa sih planet ini dengan bumi?

Kepler-1649 berukuran sedikit lebih besar dari Bumi. Ia juga berputar mengelilingi sebuah bintang, sama seperti Bumi. Bintang ini disebut M5V. Tapi bintang ini mempunyai ukuran lebih kecil dari Matahari, yaitu hanya satu perlima kali diameter Matahari.

Kepler-1649 ini malah lebih seperti kembaran Venus. Orbitnya yang sempit membuat aliran sinar matahari bisa mencapai planet ini. Aliran sinar matahari ini 2.3 kali lebih besar daripada di Bumi. Di masa depan, planet ini bisa dijadikan kandidat sebagai planet layak huni. Begitu kata para astronom.

Walaupun mirip tapi berbeda

Walaupun dikatakan mirip dengan Bumi, planet ini masih harus diteliti lebih jauh. Pertanyaan bagi para astronom saat ini adalah apakah atmosfernya sama dengan Bumi? Pertanyaan ini masih harus dicari jawabannya. Planet yang mirip dengan Bumi belum tentu mempunyai atmosfer yang sama dengan Bumi. Contoh saja Venus.

Venus dikatakan mirip dengan Bumi. Kepadatan dan ukurannya hampir sama dengan Bumi. Planet Venus bahkan lebih dekat dengan Matahari daripada Bumi. Tapi atmosfernya tetap saja berbeda.

Para astronom mengatakan, Kepler-1649 dapat menjadi langkah besar untuk penelitian kehidupan asing. Atmosfer planet ini akan dipelajari. Lalu hasilnya akan membantu para astronom memahami mengapa tidak semua planet yang mirip dengan Bumi layak huni. Kira-kira dari sekian banyak planet yang mirip Bumi, yang mana ya yang bisa ditinggali manusia?