Orang-orang di Balik Suara Tokoh Kartun

By Petronela Putri, Jumat, 14 April 2017 | 23:24 WIB
Menjadi seorang dubber atau pengisi suara (Foto: klasika.kompas.id) (Petronela Putri)

Teman-teman suka menonton kartun seperti Doraemon, Crayon Sinchan, atau Spongebob? Suara-suara tokoh kartun tersebut diisi oleh para dubber. Bagaimana seorang dubber mengisi suara tokoh kartun?

Merekam suara

Tugas utama seorang dubber adalah merekam suara. Seorang dubber akan merekam suara baru dalam Bahasa Indonesia untuk menggantikan suara asli yang mulanya berbahasa asing. Tujuannya, agar penonton di Indonesia dapat mengikuti dialog para tokoh kartun dan memahami isinya. Seorang dubber juga harus pintar berekspresi dan menjiwai karakter tokohnya, agar tontonan yang disajikan menjadi lebih menarik terutama bagi penonton anak-anak.

Tidak banyak dikenal

Dubber atau pengisi suara memegang peranan penting dalam sebuah tayangan kartun atau film. Sebab, suara tokoh yang bisa dinikmati penonton berasal dari suara seorang dubber. Namun, sayangnya, profesi dubber jarang dikenal. Profesi ini mulai muncul sejak tahun 1990-an, saat banyaknya anime atau kartun Jepang yang ditayangkan di Indonesia.

Selain film anime dan kartun, seorang dubber juga bisa mengisi suara untuk iklan atau pengumuman dalam bentuk audio, seperti yang ada di gedung bioskop, stasiun kereta api, bus kota Transjakarta, dan lainnya.

Dubber di Indonesia

Mungkin teman-teman juga penasaran siapa saja dubber yang terkenal di Indonesia. Salah satu yang cukup lama menjadi dubber adalah Ibu Nurhasanah. Beliau adalah pengisi suara Doraemon, si kucing lucu teman Nobita yang datang dari abad 22.

Doraemon selalu memiliki alat-alat ajaib untuk membantu menyelesaikan kesulitan Nobita, salah satu alat tersebut adalah baling-baling bambu. Suara khas Ibu Nurhasanah ketika berkata ‘baling-baling bambu’ menjadi sangat terkenal hingga sekarang.

Apakah dubber hanya bisa mengisi satu suara tokoh saja?

Ternyata seorang dubber bisa juga mengisi suara dari beberapa tokoh berbeda lo, teman-teman. Misalnya saja Kak Hana Bahagiana yang merupakan pengisi suara Naruto. Kak Hana ini sekaligus mengisi suara Monkey D. Luffy di anime One Piece dan Kojiro Hyuga di Captain Tsubasa.

Kuncinya adalah penjiwaan karakter. Sebab setiap tokoh tentu memiliki ciri khas tertentu. Dengan mempelajarinya sebaik mungkin, tentu para dubber biasa mengisi suara tokoh berbeda-beda sekaligus.