5 Fakta Seputar R.A Kartini yang Belum Banyak Diketahui

By Yomi Hanna, Sabtu, 21 April 2018 | 05:00 WIB
Jejak R. A. Kartini di Jepara (Hanna Vivaldi)

Bobo.id - Raden Ajeng Kartini dikenal masyarakat Indonesia sebagai pahlawan nasional yang memperjuangkan hak dan emansipasi wanita.

Kita merayakan hari kelahirannya setiap tanggal 21 April untuk menyatakan rasa bangga kita pada pahlawan perempuan ini.

Nah, di bawah ini ada 5 fakta tentang Kartini yang mungkin belum kamu ketahui. Apa saja ya?

1. Wafat dalam Usia Muda

Kartini wafat pada tanggal 17 September 1904 dan usianya pada saat itu masih sangat muda, yaitu 25 tahun.

Dia meninggal dunia 4 hari setelah melahirkan putra pertamanya yang bernama Soesalit Djojoadhiningrat pada tanggal 13 September 1904.

2. Suka Memasak

Dulunya, Kartini selalu memasak. Ini dijadikannya sebagai alat negosiasi untuk kepentingan hubungan antara negara, yang pada masa itu yaitu Belanda. Dengan memasak, Kartini menunjukkan peradaban Jawa di mata Belanda.

Dia menciptakan banyak sekali resep masakan, dua di antaranya yaitu sup pangsit Jepara dan ayam besengek.

Resep yang ditulisnya dalam aksara Jawa dengan takaran bahan masakan menggunakan alat ukur seperti kati, elo, dan cangkir. Itu adalah alat ukur yang digunakan pada abad 20.

Buku resep dalam aksara Jawa tadi diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia serta sudah diganti takarannya dengan menggunakan takaran modern dan ditulis kembali oleh cicit dari Kartini, yaitu Suryatini N. Ganie.

Suryatini memberi judul buku resep tersebut ‘Kisah dan Kumpulan Resep Putri Jepara rahasia Kuliner R.A Kartini, R.A Kardinah, dan R.A Roekmini’.