Daun Kelor Tumbuhan Asli Indonesia yang Kaya Manfaat

By Yomi Hanna, Rabu, 26 April 2017 | 06:25 WIB
Daun kelor memiliki kandungan yang banyak untuk kesehatan. (Foto: infohrbalis.com) (Hanna Vivaldi)

Siapaa yang tahu daun kelor? Sejak dulu, daun kelor sering dijadikan santapan sayur di rumah. Seperti apa sih daun kelor itu?

Daun kelor dan manfaatnya bagi kesehatan

Dulu, tanaman kelor sangat terkenal sebagai sayuran sehingga sering ditanam di pekarangan. Tetapi, seiring berjalannya waktu, daun kelor mulai dilupakan karena sudah banyaknya ragam makanan yang menjadi pilihan masyarakat. Padahal, tumbuhan ini mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Daun kelor mengandung potasium 3 kali lebih banyak dari pada buah pisang, 4 kali vitamin A dari wortel, dan mengandung zat besai  25 kali lebih banyak dari sayur bayam.

Tidak hanya itu, daun kelor juga memiliki 7 kali vitamin C dari buah jeruk, 4 kali kalsium dari susu, dan 3 kali lebih banyak dari proteinnya yoghurt.

Wah, banyak sekali kandungan daun kelor, ya!

Tiga manfaat daun kelor

Tumbuhan ini adalah tumbuhan asli dari Indonesia dan pernah popular sampai ke luar negeri karena manfaatnya bagi kesehatan. Daun kelor sering dianggap tanaman ajaib karena bisa dipakai sebagai obat herbal bagi semua penyakit. Yuk, kita simak 3 manfaat mengonsumsi daun kelor di bawah ini!

1. Menyehatkan kulit

Daun kelor dapat membuat kulit menjadi lebih sehat karena kandungan vitamin c serta antioksidan yang dimilikinya sangat tinggi. Jika kita rutin mengonsumsi sayur ini, maka kulit akan menjadi halus dan bisa mencegah datangnya jerawat.

Daun kelor yang ditumbuk dapat dijadikan sebagai masker wajah yang dapat membuat kulit semakin halus.

2. Menyehatkan mata