7 Jajanan Favorit di Korea Selatan

By Marisa Febrilian, Jumat, 19 Mei 2017 | 02:37 WIB
Di Indonesia, tteokbokki disebut juga kue beras. (Marisa Febrilian)

Tteokbokki, Bungeoppang, Hweori Gamja, Odeng, Bbopki, Jipangyi Ice Cream, dan masih banyaaak lagi. Wow, banyak sekali makanannya. Sepertinya lezaaat.. Yup! Jajanan khas dari negeri Korea ini memang sangaaat menggiurkan. Kita lihat yuk!

1. Tteokbokki

Tteokbokki adalah jajanan tradisional yang populer di Korea. Ada juga yang menyebutnya Ddeokboki atau Topokki.

Di Indonesia, tteokbokki disebut juga kue beras. Soalnya, makanan ini terbuat dari tepung beras. Bentuknya seperti silinder yang dipotong kecil-kecil. Tteokbokki disajikan dengan saus gochujang. Saus gochujang adalah pasta cabai merah yang difermentasi.

Tteokbokki lebih enak disantap dalam keadaan hangat. Apalagi kalau ditambah dengan irisan daun bawang dan biji wijen. Mm, lezaaat!

2. Bungeoppang

Wow lucunya! Yapp, Bungeoppang adalah kue khas Korea yang bentuk seperti ikan. Kata ‘Bungeo’ artinya adalah ikan, sedangkan kata ‘Ppang’ artinya roti. Jadi, Bungeoppang adalah roti berbentuk ikan.

Kue ikan ini terbuat dari campuran tepung terigu, gula pasir, minyak goreng dan air. Kemudian dicetak ke dalam cetakan berbentuk ikan dan di dalamnya diberi isian kacang merah.

3. Hweori Gamja

Keripik kentang atau Tornado Potato. Makanan ini terbuat dari kentang yang dipotong dengan pemotong khusus. Sehingga terciptalah bentuk kentang yang mirip seperti angin tornado, hihihi. Kentang itu kemudian ditusukkan dengan sebilah lidi, lalu digoreng. Supaya semakin lezat, biasanya kentang goreng ini ditambahkan bumbu beraneka rasa, ada rasa keju, bawang dan pedas.

4. Bbopki

Bentuknya bulat, tipis, berwarna keemasan, dan di tengahnya diberi hiasan bergambar hati atau bintang. Yup! Bbpoki. Permen khas Korea ini sering dijual di pinggir jalan. Permen ini terbuat dari gula pasir dan baking soda. Cara membuatnya sangat mudah, gula pasir dilelehkan sampai menjadi karamel kemudian ditambahkan baking soda. Kalau sudah tercampur rata, cetak adonan membentuk bulatan tipis, lalu beri hiasan di tengahnya. Tunggu sampai dingin, dan haaap! Nyam, nyam nyam..