Misteri Lautan: Kisah Tenggelamnya Kapal Mewah Titanic

By Sigit Wahyu, Senin, 22 Mei 2017 | 09:20 WIB
Misteri tenggelamnya kapal mewah Titanic. (Sigit Wahyu)

Sebuah kapal mewah yang baru berlayar empat hari menabrak  gunung es di Samudera Atlantik Utara. Benturan itu mengakibatkan lambung kapal robek, lalu patah menjadi dua. Tragedi yang mengguncang dunia itu terjadi pada 14 April 1912.

Kapal mewah dunia

Memasuki tahun 1900 an, banyak orang kaya dunia ingin berlibur dengan kapal mewah. Kapal pesiar Lusitania dan Mauretania yang mulai berlayar pada tahun 1906 menjadi favorit wisatawan kala itu.

Ingin mengikuti jejak kapal pesiar Lusitania dan Mauritania yang menjadi impian para jutawan dunia, maka pada tahun 1909 dibangunlah kapal super mewah Titanic.

Titanic dirancang menjadi kapal super mewah untuk menyaingi pendahulunya. Kapal ini dilengkapi kamar mewah, kolam renang, pemandian khas Turki, ruang olahraga, restaurant, ruang teater, perpustakaan, dan lainnya.

Memulai pelayaran perdana 10 April 1912

Titanic dibuat selama tiga tahun. Selama masa pembangunan, berita-berita tentang fasilitas mewah Titanic muncul di berbagai koran. Ribuan jutawan Eropa dan Amerika berebut mendaftar sebagai penumpang untuk pelayaran perdana.

Setelah dinantikan selama tiga tahun, pada 31 Maret 1912, kapal super mewah itu pun diresmikan. Tanggal 2 April 2012, Titanic melakukan uji pelayaran.

Setelah beberapa hari melakukan persiapan, akhirnya pada 10 April 1912, kapal super mewah itu melakukan pelayaran perdana dengan mengangkut 1.224 orang.

Lego jangkar dari pelabuhan Southamton, Inggris

Kapal Titanic yang dinahkodai oleh Kapten Edward John Smith ini bertolak dari Pelabuhan Southamton, Inggris, dan akan menuju New York, Amerika Serikat.

Empat jam setelah meninggalkan Southampton, Titanic tiba di Cherbourg untuk menjemput  274 penumpang, setelah itu berangkat lagi menuju  Queenstown.