Inilah 5 Jenis Keju yang Populer di Dunia

By Yomi Hanna, Jumat, 2 Juni 2017 | 02:32 WIB
Keju mozzarella yang sudah meleleh (Foto: olivegarden.com) (Hanna Vivaldi)

Ada banyak sekali jenis makanan yang menggunakan keju sebagai pelengkap rasanya. Mungkin di antara teman-teman ada yang suka mengonsumsinya karena rasanya yang unik dan bisa menggugah selera.

Tapi tahukah teman-teman, kalau ternyata keju yang digunakan dalam membuat olahan makanan tidak hanya satu jenis? Yup, keju memiliki bermacam-macam jenis yang dibedakan berdasarkan rasa, bahan pembuatnya, serta fungsinya dalam membuat makanan.

Nah, inilah 5 jenis keju yang sering digunakan dalam berbagai jenis masakan, jangan sampai salah membedakannya, ya!

1. Keju Parmesan

Ini termasuk ke dalam jenis keju padat (hard cheese) yang berasal dari Parma, Italia. Keju yang warnanya kuning pucat ini dibuat dari susu sapi. Pengolahannya hingga matang dan siap untuk diolah membutuhkan waktu 3 bulan, tetapi ada juga yang membutuhkan waktu 1 tahun lamanya.

Keju ini biasanya dijual dalam bentuk bubuk yang digunakan sebagai taburan keju pada pasta, pizza, salad, sup, dan kue kering.

2. Keju Cheedar

Keju ini merupakan jenis yang paling populer di berbagai negara, termasuk di negara kita. Keju yang berasa dari desa Cheddar di Somerset, Inggris, ini terbuat dari susu sapi dan termasuk juga ke dalam jenis keju keras.

Keju cheddar yang baru dibuat biasanya berwarna kuning pucat dan tidak terlalu keras tetapi semakin lama warnanya akan semakin kuning dan teksturnya semakin keras.

3. Keju Mozzarella

Nah, ini jenis keju yang sedang tren akhir-akhir ini. Hampir semua jenis makanan kini menggunakan keju mozzarella untuk menambah kenikmatan rasanya.

Keju yang meleleh, dengan teksturnya yang lembut, lentur, dan elastis mampu membuat orang-orang tergiur untuk menikmatinya.