Tanaman Jahe yang Kaya Manfaat

By Yomi Hanna, Senin, 5 Juni 2017 | 07:46 WIB
Foto: revistabiblios.com (Hanna Vivaldi)

Teman-teman. apakah kamu pernah melihat tanaman jahe? Jahe adalah jenis tanaman yang hidup sepanjang tahun. Tanaman ini tumbuh di Indonesia, India, Karibia, Cina, Afrika Barat, dan Asia Barat Daya.

Ciri-ciri yang paling kelihatan dari tanaman jahe adalah baunya yang khas dan tajam serta memberi rasa hangat jika dikonsumsi.

Dulu tanaman jahe biasanya digunakan sebagai bumbu masakan, tetapi seiring perkembangan zaman jenis olahan jahe pun semakin banyak. Misalnya saja, saat ini jahe digunakan sebagai campuran jamu, minuman wedang jahe, permen, dodol, bahkan selai jahe.

Selain bermanfaat sebagai pelengkap rasa makanan, tanaman jahe ternyata bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan tubuh, lo. Apa saja ya manfaatnya?

1. Membantu pencernaan

Mengonsumsi jahe dapat membantu tubuh kita dalam mencerna makanan. Ini terjadi karena jahe berkhasiat dalam membersihkan usus besar, membuang gas beracun, meningkatkan jumlah cairan pencernaan, dan melancarkan buang air besar.

2. Mengobati demam, batuk, dan masuk angin

Jika kita sedang demam, flu, batuk, atau masuk angin, coba deh untuk mengonsumsi jahe. Karena jahe memiliki sifat sebagai antivirus, anti jamur, dan antitoksin yang dapat menyembuhkan kita dari penyakit-penyakit tadi.

3. Menyembuhkan sakit perut

Jahe itu memiliki sifat yang analgesik atau membantu menghilangkan rasa sakit. Sehingga ketika kita sedang sakit perut, sangat baik mengonsumsi jahe. Jahe sering juga digunakan sebagai obat alami yang menyembuhkan masalah perut seperti diare atau nyeri pada usus.

4. Mengurangi sakit gigi

Selain ke tiga manfaat di atas, jahe juga dapat membantu dalam mengurangi sakit gigi. Kenapa? Karena jahe miliki sifat antijamur dan aktibakteri. Biasanya jahe dibuat menjadi wedang jahe lalu bisa digunakan untuk berkumur selama beberapa menit untuk menghilangkan sakit gigi,