Idul Fitri Pertama di Rumah Baru

By Putri Puspita, Jumat, 7 Juli 2017 | 04:39 WIB
ini Idul Fitri yang indah karena aku punya banyak saudara baru yang datang membantu. (Putri Puspita)

Semua sedang sibuk membersihkan meja makan. Ada yang mengangkat piring, mengangkat gelas, dan ada juga yang mencuci piring. Aku membantu Ibu membereskan meja makan.

Hari ini adalah Idul Fitri pertama yang kami rayakan di rumah baru. Semua saudara datang kemari untuk bersilahturahmi sekaligus merayakan pindah rumah. Aku senang sekali berada di rumah baru ini. Teman-temannya ramah dan suasananya juga sejuk.

Di rumah kami yang lama, semuanya sibuk di rumah masing-masing, menyiapkan banyak makanan di rumah masing-masing. Di sini, semuanya berbeda. Bahkan sejak kemarin, banyak yang membantu.

“Selamat pagi Bu, mari saya bantu siap-siap Idul Fitri. Pasti banyak pekerjaan,” kata Ibu Luna.

Ibu begitu senang dan menyambut tawaran Ibu Luna. Bukan hanya Ibu Luna, tetapi Pak Wayan, Bu Nugraha, dan Bu Sonia juga datang membantu kami menyiapkan Idul Fitri. Mulai dari memasak, bahkan sampai memberi sedikit hiasan di rumah.

“Kalau di sini, pasti dibantu. Kan, kita saudara,” kata Pak Wayan.

Benar-benar seperti punya saudara rasanya. Pak Wayan, Bu Luna, Bu Nugraha, dan Bu Sonia, bukan muslim. Namun mereka mau membantu kami menyiapkan Idul Fitri. Sebagian masyarakat yang lain juga berpencar ke rumah-rumah warga yang muslim untuk saling membantu.

“Bu, beruntung sekali ya kita,” kataku pada Ibu.

“Iya, orang-orang disini sangat baik,” kata Ibu.

Tahun lalu, kami benar-benar kelelahan mempersiapkan Idul Fitri berdua. Sejak Ayah meninggal, Ibu yang membuka catering makanan harus menerima banyak pesanan saat Idul Fitri. Belum lagi harus menyiapkan untuk kami sendiri. Sekarang  aku senang sekali karena banyak yang membantu kami. Hmm… kami merasa punya banyak saudara.

“Nanti, saat Natal atau Galungan, aku juga boleh bantu?” tanyaku.

“Bolehlah, Man. Datang saja ke rumah. Nanti ada saja hal yang bisa dikerjakan,” jawab Bu Sonia.

“Yaaaay,” jawabku senang.