Segudang Info

By Sylvana Toemon, Minggu, 13 Mei 2018 | 10:00 WIB
Segudang info (Sylvana Toemon)

Menjelang pembagian rapor kenaikan kelas adalah hari-hari yang menyenangkan. Tidak usah lagi memikirkan ulangan atau PR yang banyak. Hari-hari penuh harapan, canda, dan tawa. Apalagi bila yang masuk kelas adalah Pak Awang. Beliau guru Bahasa Indonesia favorit anak-anak.

Setelah mengucapkan selamat siang pada Pak Awang, Badu mengangkat tangannya, "Hari ini, bikin acara yang istimewa, dong, Pak!"

"Setujuuuuuu!" sambut anak-anak tanpa diperintah.

Pak Awang tersenyum senang melihat anak-anak didiknya bersemangat di siang yang terik.

"Yaa, yaa! Hari ini Bapak akan bikin acara Sekilas Info. Atau lebih tepat disebut Segudang Info!" kata Pak Awang. Anak-anak berdebar menantikan sesuatu yang menarik.

"Sekarang ini abad informasi. Informasi sangat penting bagi seseorang, bagi penduduk suatu negeri, atau bahkan bagi penduduk seluruh dunia. Misalnya, jika informasi tentang kebakaran cepat diketahui pemadam kebakaran, kebakaran bisa diatasi lebih cepat. Bila ada informasi pemadaman listrik di malam hari, kamu akan membuat PR di siang hari. Ada yang kurang penting, penting ataupun sangat penting. Semua tergantung si penerima informasi. Sekarang, siapkanlah sebuah informasi. Lalu sampaikan pada kawan kalian. Informasinya bebas, tapi harus bermanfaat. Bapak beri waktu berpikir tiga menit!" ujar Pak Awang.

Anak-anak tersenyum.

Setelah tiga menit, Pak Awang berkata, "Baik, mari kita mulai!"

"Pak, saya duluan, Pak!" kata Badu sambil mengangkat tangan.

"Baiklah. Rupanya Badu punya informasi yang sangat penting!"

"Terima kasih, Pak. Informasinya: Di ujung jalan di sebelah kanan sekolah kita ada warung sate kambing baru!" kata Badu.

GRRRRR... Anak-anak tertawa riuh.