Ini yang Benar, Jumlah Pulau di Indonesia 14.572

By Sigit Wahyu, Minggu, 6 Agustus 2017 | 05:30 WIB
Sungguh elok pemandangan gugusan pulau di Papua ini. (Sigit Wahyu)

Negeri kita memiliki ribuan pulau. Oleh sebab itu, Indonesia disebut negeri kepulauan. Jumlah pulau di Indonesia ada 14.572 pulau. Pulau-pulau tersebut tersebar di setiap provinsi.

Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu adalah gugusan pulau-pulau kecil yang terletak di Laut Jawa, tepatnya di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Meskipun disebut Pulau Seribu, ternyata jumlah pulaunya tidak sampai seribu, lo.  Hanya ada 218 pulau.     

Pulau Terbanyak

Provinsi yang memiliki pulau terbanyak adalah Provinsi Kepulauan Riau. Provinsi ini memiliki 2.408 pulau, disusul Provinsi Papua Barat dengan 1.917 pulau, Maluku Utara dengan 1.525 pulau, Maluku dengan 1.399, disusul Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan  1.192 pulau.

Pulau Tersedikit

Sebaliknya, Jambi merupakan provinsi yang memiliki pulau paling sedikit. Provinsi ini pulaunya hanya ada 19 pulau, disusul Provinsi DI Yogyakarta dengan 23 pulau, Kalimantan Tengah dengan 32 pulau, Bengkulu dengan 47 pulau, dan Sumatera Selatan dengan 53 pulau.

Pulau Kecil Terluar

Jumlah pulau kecil dan terluar saat ini ada 111 pulau. Provinsi yang memiliki pulau-pulau kecil terluar paling banyak adalah Provinsi Kepulauan Riau. Di provinsi ini ada 20 pulau kecil terluar. Tetapi dari jumlah itu, ternyata hanya Pulau Subi Kecil yang ada penghuninya. Sedangkan 19 pulau lainnya adalah pulau kosong.

Provinsi Maluku memiliki 17 pulau kecil terluar. Dari jumlah itu, 11 pulau sudah ada penduduknya dan 6 pulau lainnya merupakan pulau kosong.

Sulawesi Utara memiliki 11 pulau kecil terluar. 7 pulau dihuni dan 11 pulau kosong.

Provinsi Papua memiliki 9 pulau kecil terluar. 5 pulau berpenghuni dan 4 pulau lainnya masih kosong.