Tomohon International Flower Festival 2017

By Sigit Wahyu, Senin, 14 Agustus 2017 | 07:00 WIB
Tomohon International Flower Festival 2017 dimeriahkan dengan 31` kendaraan hias. (Sigit Wahyu)

Kota Tomohon di Sulawesi Utara kembali bertabur bunga. Festival bunga yang diberi nama Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2017 ini berlangsung 7 hingga 12 Agustus 2017. Ternyata, festival ini mendapat sambutan hangat dari wisatawan dalam dan luar negeri.

TIFF Ketujuh

Perhelatan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2017 kali ini mengusung tema  “The 7 Wonder of Tomohon”.

Tema ini ingin memperkenalkan kembali tujuh keistimewaan Tomohon yang dikaruniai keindahan alam berupa 7 gunung (Gunung Lokon, Empung, Tatawiran, Mahawu, Tampusu, Masarang, dan Kasuratan), 7 danau (Danau Tampusu, Linow, Pangolombian, Sineleyan, Panunuzaen, Linow Oki, dan Kasewean), dan 7 air terjun (Air Terjun Tapahan Rinokrok, Tumimperas, Regesan, Ranowawa,TekaanTelu, Kanderawatu, dan Kinapesutan).

TIFF merupakan agenda tahunan dan kali ini sudah masuk tahun yang ketujuh. Bagi Provinsi Sulawesi Utara, TIFF merupakan ajang untuk memperkenalkan keindahan Tomohon sebagai kota bunga. Dengan agrowisata bunga dan bentang alamnya yang indah, diharapkan Tomohon menjadi gerbang wisata di Sulawesi Utara.

155 Ribu Bunga Krisan

Acara TIFF 2017 cukup banyak. Antara lain, festival seni dan budaya, pameran budidaya bunga, pemilihan ratu bunga, lomba merangkai bunga, lomba layang-layang hias, festival kuliner, lomba fotografi, dan yang paling istimewa adalah pawai bunga dengan kendaraan hias keliling kota.

Pawai bunga dengan rute dari Stadion Babe Palar Walian dan finis di halaman Rindam Kakaskasen ini diikuti 31 kendaraan hias. Menurut panitia, untuk menghias kendaraan ini diperlukan sedikitnya 155 ribu kuntum bunga krisan.

Kendaraan-kendaraan hias ini, selain dipersembahkan oleh setiap kabupaten/kota di Sulawesi Utara, juga diikuti peserta dari luar negeri, yaitu Jepang, Australia, Sekretariat Asean, Bhutan, Nepal, Kazakhstan, Taiwan, Korea Selatan, dan Malaysia.

Tomohon, Kota Bunga dari Utara

Tomohon terletak di antara dua gunung berapi yang masih aktif, yaitu Gunung Lokon dan Gunung Mahawu.

Hawanya sejuk, udaranya bersih, dan tanahnya yang subur.  Di Tomohon, tanaman bunga ada di mana-mana. Tak heran kalau kota ini pun lantas mendapat julukan Kota Bunga dari bagian utara Indonesia.