Ragam Permainan Tradisional Indonesia

By willa widiana, Senin, 21 Agustus 2017 | 11:01 WIB
Sumatera – Cak Ingking Gerpak (willa widiana)

Selain kaya akan bahasa, Indonesia juga kaya akan permainan tradisional, lo. Setiap pulau punya permainan khasnya masing-masing.

Sumatera – Cak Ingking Gerpak

Sebelum bermain, kita harus menyiapkan potongan tembikar dan menggambar beberapa petak dengan bentuk tertentu di atas tanah.

Permainan dimulai dengan melempar potongan tembikar ke dalam petak pertama. Jika berhasil (tidak mengenai garis), kita bisa mulai melompati setiap petak dengan satu kaki. Setelah sampai di petak terakhir, kita harus berputar dan kembali ke petak sebelumnya. O iya, potongan tembikar yang tadi kita lempar harus diambil saat kembali. Jika tidak, kita akan dianggap gugur.

Jawa – Cublak Suweng

Permainan ini biasanya dilakukan oleh empat orang atau lebih. Sebelum memulai permainan, kita harus hompimpa dulu untuk mencari seorang penebak. Orang yang bertugas menjadi penebak harus tengkurap dengan mata tertutup, sedangkan teman-teman yang lain akan menaruh telapak tangannya di atas punggung penjaga.

Permainan dimulai dengan menyentuhkan kerikil pada setiap telapak tangan sambil menyanyikan lagu “Cublak Cublak Suweng”. Orang yang telapak tangannya tersentuh kerikil saat lagu selesai harus memegang kerikil. Setelah itu, penjaga boleh membuka mata dan menebak siapakah orang yang memegang kerikil.

Kalimantan – Sepak Blek

Dalam permainan ini dibutuhkan kaleng bekas yang diisi kerikil kecil. Kaleng tersebut akan diletakkan di tengah lingkaran. Selanjutnya, salah seorang akan menendang kaleng tersebut sejauh mungkin. Orang yang kalah dalam hompimpa (penjaga) akan mengambil kaleng itu dan meletakkannya di tengah lingkaran, sedangkan anak yang lain akan bersembunyi.

Penjaga bertugas mencari teman-teman yang bersembunyi. Tapi, ia juga harus menjaga kaleng yang ada di dalam lingkaran. Jika teman yang bersembunyi berhasil menendang kaleng tanpa ketahuan, maka permainan akan dimulai dari awal lagi. O iya, beberapa diantara kamu mungkin mengenal permainan ini dengan nama petak umpet.

Sulawesi – Nogarata

Nogarata itu permainan congklak. Permainan ini hanya bisa dimainkan oleh dua orang. Cara memainkannya cukup mudah, kita hanya perlu menaruh setiap kerikil pada lubang yang sudah disediakan. Permainan akan berhenti jika kerikil terakhir kita jatuh di lubang yang kosong. O iya, kerikil untuk bermain congklak bisa diganti dengan biji sawo atau kulit kerang.