Mengenal Buah Langsat, Buah Khas Maluku

By Yomi Hanna, Selasa, 22 Agustus 2017 | 06:30 WIB
Buah langsat. (Hanna Vivaldi)

Buah ini bukan duku, lo. Tahukah teman-teman namanya buah apa? Yap, benar, namanya buah langsat. Buah ini berwarna kuning muda dengan beberapa bercak hitam di bagian kulitnya. Biasanya dalam satu tangkai buah langsat terdapat beberapa buah yang bergerombol. Yuk, kita simak beberapa informasi mengenai buah langsat di bawah ini!

Perbedaan Buah Langsat dan Buah Duku

Buah langsat merupakan buah khas daerah Maluku. Buah ini dapat ditemui hampir di seluruh daratan Maluku dan dapat tumbuh di semua daerah dataran. Buah yang memiliki nama latin Lansium domesticum ini memiliki pohon yang berbatang kurus dan kecil dengan cabang-cabang pohon yang tegak dan daunnya berwarna hijau tua.

Kulit buah langsat lebih tipis dan rasanya lebih asam dibandingkan dengan buah duku. Selain itu, kandungan getah buah langsat juga lebih banyak dari buah duku. Ini yang menyebabkan buah langsat lebih cepat busuk sejak dipetik dari pohonnya.

Banyak Nutrisi dalam Buah Langsat

Buah langsat terlihat seperti buah yang sederhana dan biasa-biasa saja, tetapi ternyata menyimpan keistimewaan, lo! Langsat mengandung nutrisi kalori, protein, lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, fosfor, dan zat besi. Kalau dibandingkan buah apel dan jeruk, kandungan kalori, mineral, dan zat besi pada buah langsat setingkat lebih tinggi.

Manfaat Buah Langsat

1. Kandungan kalori dalam buah langsat dapat membantu melancarkan pencernaan dan menambah tenaga tanpa harus mengonsumsi banyak makanan.

2. Kulit buah langsat juga dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker.

3. Biji langsat ditumbuk hingga menjadi bubuk dan diseduh dengan air panas untuk diminum sebagai obat penurun demam.

4. Kulit batang pohon langsat bisa dimanfaatkan sebagai obat anti gigitan serangga.