Sahabat-Sahabat Baru Tovo

By Sylvana Toemon, Senin, 9 April 2018 | 04:00 WIB
Sahabat-sahabat baru Tovo (Sylvana Toemon)

Pada zaman dahulu, di sebuah hutan, hidup dua ekor kelinci kecil. Tovo dan Ninet, namanya. Mereka bersahabat sangat akrab dan selalu bermain bersama. Selain Tovo dan Ninet, hutan itu sebenarnya juga dihuni oleh binatang-binatang lain. Misalnya, Momo Monyet dan Kiko Ikan.

Momo dan Kiko sering  menonton Tovo dan Ninet bermain. Momo dan Kiko ingin sekali bermain bersama mereka. Ninet tidak berkeberatan. Namun, Tovo mengajukan syarat pada Momo dan Kiko.

“Mo, kalau kau tidak bermain di pohon lagi, aku mau menjadi sahabatmu. Kiko kalau bisa keluar dari air, aku mau main denganmu!” 

Momo dan Kiko sangat sedih mendengar ucapan Tovo. Sebab Momo tidak bisa meninggalkan pohon. Sejak kecil, Momo sudah terbiasa hidup di atas pohon. Begitu juga Kiko! la bisa mati jika keluar dari air.

Pada suatu hari, orang tua Ninet pindah ke hutan lain. Tentu saja Ninet harus ikut bersama orang tuanya. Tovo sangat sedih. Kini, ia tidak mempunyai teman bermain lagi.

Suatu siang, Tovo duduk termenung di bawah pohon, di tepi sungai. Tiba-tiba, ada suara yang menyapanya.

“Hei, Tovo! mengapa kau termenung?” Kiko menyembulkan kepalanya ke permukaan air.

“Halo, Tovo! Kok, wajahmu murung?!” tanya Momo dari atas pohon.

“Aku sekarang tidak punya teman bermain,” ucap Tovo sedih.

“Aku dan Momo mau menjadi temanmu, Vo! Kita bisa bermain bersama!” hibur Kiko.

“Bagaimana mungkin? Tempat bermain kita, kan, berbeda. Aku bermain di atas tanah,  momo di atas pohon, dan Kiko di dalam air!” sahut Tovo kesal.

“Tovo, walaupun tempat bermain kita berbeda, kita tetap bisa bersahabat. Asal, kita saling menghormati sesama kita!” ucap Momo.