5 Fakta Unik Terumbu Karang

By willa widiana, Kamis, 28 September 2017 | 11:59 WIB
Fakta Seputar Terumbu Karang (willa widiana)

Saat berwisata ke daerah pesisir, kita pasti ingin melihat keindahan terumbu karang yang ada di tempat tersebut. Tapi, selain melihat keindahan para terumbu karang, kamu juga harus tahu fakta seputar terumbu karang, nih.

Fakta 1 – Bertahun Lalu

Pada 450 juta tahun yang lalu, simbiosis antara hewan karang dan alga zooxanthellae telah dimulai. Dalam simbiosis itu, karang menyediakan tempat tinggal untuk alga. Lalu, alga membuat makanan dengan cara melakukan fotosintesis. Nah, simbiosis itulah yang menjadi awal mula terbentuknya terumbu karang di dalam laut.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan terumbu karang yang cukup banyak. Terumbu karang yang indah dan beragam itu telah menghiasi perairan Indonesia sejak lama. Selain itu, terumbu karang tersebut juga menjadi tempat tinggal bagi beberapa jenis hewan laut, lo.

O iya, pertumbuhan terumbu karang di perairan Indonesia cukup cepat, karena suhu perairan Indonesia berada di antara 21 – 29 derajat celcius. Jadi, kita harus bangga dan bersyukur dengan keadaan alam Indonesia yang luar  biasa ini.

Fakta 2 – Mahkota Duri

Makhluk hidup di laut itu sangat banyak, salah satunya adalah bintang laut mahkota duri. Apakah di antara teman-teman ada yang tahu hewan ini? Bintang laut mahkota duri adalah salah satu hewan laut yang suka memakan terumbu karang. Dalam satu tahun, seekor mahkota duri bisa memakan terumbu karang sebanyak 5-6 meter persegi.

Karena konsumsi karang mereka cukup banyak, maka jumlah mahkota duri dalam satu hektar terumbu karang tidak boleh lebih dari 10 ekor. Jika jumlahnya mencapai ribuan, maka terumbu karang akan rusak fatal, bahkan bisa mati mendadak. Jika sudah rusak, area terumbu karang itu baru bisa tumbuh lagi 10-15 tahun kemudian. O iya, sejak tahun 90-an, sebagian besar karang di Pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat, Taman Nasional Baluran, dan Pantai Bama sudah habis dimangsa oleh bintang laut mahkota duri ini.

Fakta 3 – Predator yang Diburu

Sebenarnya, populasi bintang laut mahkota duri, si pemangsa karang itu bisa dijaga agak tidak membludak. Cara yang paling mudah untuk menjaga populasi mahkota duri adalah menjaga para predator.

Ikan Napoleon adalah salah satu predator yang suka memakan mahkota duri. Namun, sayang, ikan berwarna biru banyak ditangkap oleh nelayan. Harga jual ikan napoleon cukup tinggi, jadi tak heran kalau ikan ini banyak dicari oleh para nelayan. Jika sudah begitu, populasi ikan napoleon akan berkurang dan jumlah mahkota duri pun akan bertambah. Akhirnya? Terumbu karang akan rusak. Jika terumbu karang rusak, maka kehidupan di laut pun akan berkurang dan wisata laut pun akan berkurang.

Fakta 4 – Aktivitas Manusia