7 Guru Indonesia Belajar Tentang Astronaut di Amerika Serikat

By Yomi Hanna, Rabu, 11 Oktober 2017 | 07:13 WIB
Ketika astronaut di ruang angkasa. (Hanna Vivaldi)

Beberapa waktu yang lalu, ada 7 orang guru dari Indonesia yang mendapat kesempatan untuk belajar di Akademi Ruang Angkasa dan Antariksa di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat. Guru-guru ini mengikuti program Honeywell Educators Space Academy (HESA).

Beasiswa untuk Guru Sains dan Matematika

Program ini berupa beasiswa yang diberikan untuk membantu guru matematika dan sains di sekolah menengah di seluruh dunia. Agar mereka bisa mengajar sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) dengan lebih efektif.

Baca juga : Astronaut Peggy Whitson dengan Rekor Barunya

Pelatihan yang Memotivasi dan Menginspirasi

Pelatihan yang diikuti guru-guru ini berlangsung selama lima hari. Materi belajarnya berupa sains dan pengembangan ilmu ruang angkasa serta bermacam-macam latihan yang biasa dilakukan astronaut. Misalnya seperti simulasi jet dan misi antariksa, latihan kemahiran di darat dan air, serta program dinamika penerbangan interaktif.

Ketujuh guru ini diajarkan juga teknik pengajaran yang inovatif agar suasana belajar sains dan matematika menjadi lebih menyenangkan. Program ini juga merupakan sarana bagi guru-guru untuk bisa memotivasi dan menginspirasi murid-muridnya.

Baca juga : Tubuh Astronaut Jadi Lemah di Angkasa Luar