Apa Penyebab Ukuran Telapak Kaki Kiri dan Kanan Berbeda?

By Yomi Hanna, Rabu, 11 Oktober 2017 | 07:46 WIB
Yuk, cuci kaki sebelum tidur! (Hanna Vivaldi)

Teman-teman, coba perhatikan telapak kakimu. Apakah telapak kaki kiri dan kanan memiliki panjang yang sama? Mungkin sebagian merasakan perbedaan ukuran pada kaki kiri dan kanannya. Ukuran kaki yang satu dengan yang lain terkadang sedikit lebih panjang atau lebih lebar.

Merupakan Hal yang Normal

Tidak perlu khawatir, karena ternyata hampir semua orang memang memiliki ukuran telapak kaki yang berbeda. Meskipun ada perbedaan ukuran di kedua kaki, tapi perbedaan itu biasanya tidak terlalu jauh. Bahkan sekilas ukurannya terlihat sama. Namun, ada juga yang mengalami perbedaan ukuran yang mencolok di kedua kakinya. Seiring berjalannya waktu, panjang kaki dapat berubah.

Penyebab Ukuran Telapak Kaki Bisa Berbeda

Perbedaan ukuran kedua kaki bisa terjadi begitu saja. Tapi ada penyebab lain yang membuat kaki kita menjadi berbeda. Seperti:

1. Cedera kaki yang biasanya terjadi pada usia muda, saat tulang-tulang kita masih dalam masa pertumbuhan. 2. Kelainan kaki 3. Sering menggunakan satu kaki yang sama setiap kali berolahraga, sedangkan kaki lainnya jarang digunakan. Ini bisa menyebabkan pertumbuhan kedua kaki menjadi tidak seimbang.