5 Tips Mengatasi Stres dan Rasa Tertekan

By willa widiana, Kamis, 12 Oktober 2017 | 05:16 WIB
5 Tips Mengatasi Stres dan Rasa Tertekan (willa widiana)

Tugas sekolah yang menumpuk dan jadwal les yang padat, sering membuat kita stres. Jika sudah begitu, kita jadi tidak semangat untuk melakukan apa-apa lagi. Jika kamu merasa stres atau tertekan dengan jadwal kegiatan yang padat... Bobo punya tips mengatasi stres, nih! Mungkin kamu bisa mencobanya, Teman-teman.

Tertawa

Tertawa merupakan cara yang paling ampuh untuk mengatas stres dan rasa tertekan. Untuk mendapatkan tawa, cobalah mengobrol dengan teman dekatmu. Bicarakan hal-hal unik yang bisa membuat kalian tertawa. Jika kamu sedang sendirian, kamu bisa membuka akun-akun lucu yang ada di Instagram. Biasanya mereka berbagi video atau komik lucu di timeline-nya.

Bergerak

Stres dan rasa tertekan bisa hilang saat kita menggerakan tubuh. Jika kamu punya waktu luang, coba lari sore atau bersepeda di sekitar rumah. Kalau malas, bawa bola karet atau squishy kemana pun kamu pergi. Saat stres dan rasa tertekan muncul, kamu bisa meremas remasnya. Cara itu cukup ampuh, lo!

Baca juga: Lakukan Hal Ini saat Teman Sedih!

Berkhayal

Beberapa orang suka berkhayal dan membayang diri mereka jadi superhero, jadi mutan, atau jadi tokoh lain yang mereka suka. Sekilas, kegiatan ini terlihat tak berguna. Padahal, kegiatan ini bisa membantu kamu untuk lebih santai dan nyaman, lo! Tapi ingat! Berkhayalnya harus tahu waktu dan tempat, ya! Jangan sampai kamu berkhayal saat pelajaran berlangsung, hihihi.

Ubah kegiatan

Cara lain untuk mengatas stres dan rasa tertekan adalah mengubah kegiatan. Jika kamu sedang menghafal di dalam kamar, cobalah untuk menghafal sambil berjalan di halaman. Jika kamu berada di tempat sepi, coblah nyalakan lagu dan nikmati iramanya. Sedikit demi sedikit, stres dan rasa tertekannya pasti akan hilang.

Baca juga: Tips Menghadapi Bullying!

Mengenang

Kamu pasti punya barang yang penuh kenangan. Misalnya, foto saat berlibur bersama teman atau kertas ulangan dengan nilai 100. Benda-benda itu sebaiknya disimpan dalam kotak. Saat sedang stres atau tertekan, kamu bisa membukanya dan mengenang kembali masa indah yang ada di benda tersebut. Menurut ahli psikologi, hal ini bisa membantu menghilangkan stres, lo.

Kotak Fakta: