Jenis Gigi Manusia dan Fungsinya

By Yomi Hanna, Rabu, 8 November 2017 | 03:13 WIB
Gigi Orang Dewasa (Hanna Vivaldi)

Gigi adalah salah satu organ penting yang membantu sistem pencernaan. Sebelum makanan masuk ke dalam perut, makanan dihancurkan lebih dulu oleh gigi di dalam mulut. Nah, di dalam mulut terdapat banyak gigi yang bentuknya berbeda-beda, bukan? Ternyata masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam menghancurkan makanan. Ada juga gigi susu, gigi yang kita miliki saat anak-anak. Jadi, apa, ya, fungsi masing-masing gigi tersebut?

Berdasarkan usia, gigi dibagi ke dalam dua jenis, yaitu gigi susu dan gigi permanen.

Gigi Susu

Gigi ini tumbuh saat kita berusia kurang lebih 6 bulan. Biasanya gigi yang tumbuh adalah gigi seri yang berada di gusi bagian depan. Lalu saat kita berusia 4-6 tahun, gigi susu tersebut tanggal satu persatu digantikan dengan gigi permanen.

Jumlah gigi susu sebanyak 20 buah, yaitu gigi seri 8 buah, gigi taring 4 buah, dan gigi premolar (geraham depan) 8 buah.

Baca juga : 5 Hal yang Bisa Merusak Gigi

Gigi Permanen

Gigi ini menggantikan gigi susu dan akan menjadi gigi kita untuk seterusnya. Gigi permanen tidak akan tanggal sendiri seperti gigi susu, tapi bisa saja tanggal karena terjadi kerusakan gigi atau tumbuhnya tidak normal.

Jumlah gigi permanen adalah sebanyak 32 buah, yaitu gigi seri 8 buah, gigi taring 4 buah gigi premolar (geraham depan) 8 buah, dan gigi molar (geraham belakang) 12 buah.

Nah, dari macam-macam jenis gigi itu, sebenarnya fungsinya apa saja, ya?

a. Gigi Seri

Gigi seri atau Dentis Insisivus berfungsi untuk memotong atau mengerat makanan yang masuk. Bentuk gigi ini tegak dengan ujung yang rata menyerupai sekop dan berada di gusi bagian depan. Gigi yang hanya memiliki satu buah akar ini terdapat pada 2 di rahang bawah dan 2 di rahang atas.