Mengenal Baguette, Roti Khas Prancis yang Teksturnya Keras

By Yomi Hanna, Kamis, 9 November 2017 | 09:32 WIB
Roti Baguette Khas Prancis (Hanna Vivaldi)

Apakah teman-teman pernah melihat roti khas Prancis? Itu, lo, roti yang bentuknya panjang seperti tongkat dengan tekstur bagian luarnya keras. Mungkin selama ini kamu sudah sering melihatnya, tapi tidak mengetahui apa nama roti tersebut. Nah, inilah waktunya kita cari tahu informasi seputar roti unik ini!

Di Indonesia, Namanya Roti Tongkat

Roti ini diberi nama Baguette. Roti yang berasal dari Prancis ini biasanya dijadikan santapan sehari-hari. Biasanya roti ini memiliki bentuk yang bulat panjang dengan diameter sekitar 5-6 sentimeter dan panjangnya 65 sentimeter. Karena bentuknya yang lebih panjang dari roti biasanya, di Indonesia roti Baguette ini disebut dengan roti tongkat.

Baca juga : Fakta Seputar Roti

Sejarah Singkat Roti Baguette

Roti Baguette sudah ada sejak tahun 1800-an. Mulai saat itu, roti ini kerap dihubungkan dengan salah satu kebudayaan Prancis. Inilah kenapa nama lain dari roti Baguette adalah roti Prancis.

Proses Pembuatannya

Bahan baku yang digunakan untuk membuat roti Baguette ini adalah tepung terigu, ragi, air dan garam. Semua bahan dicampur dijadikan satu adonan. Kemudian adonan tadi didiamkan selama semalam, lalu besoknya sudah bisa dipanggang kurang lebih selama dua jam.

Baca juga : Sejak Kapan Manusia Mengonsumsi Roti?

Cara Menyantap Roti Baguette

Rasa roti Baguette ini tawar dengan tekstur bagian luar roti cukup keras. Namun, bagian dalamnya terasa lembut seperti roti tawar yang biasa kita makan. Karena rasanya mirip seperti roti tawar, roti Baguette sering disantap dengan berbagai cara. Seperti dipanggang bersama mentega dan bawang putih. Roti ini juga bisa dimakan bersama dengan daging giling atau ikan tuna. Hmm… kelihatannya enak, ya, teman-teman!