Apa Itu Diabetes?

By willa widiana, Selasa, 14 November 2017 | 11:54 WIB
Diabetes bisa dicegah dengan cara rajin makan makanan sehat. (willa widiana)

Teman-teman pasti pernah mendengar kata diabetes. Setiap tanggal 14 November, kita memperingati Hari Diabetes Sedunia. Nah, sebenarnya, diabetes itu apa, sih? Kita cari tahu bersama, yuk!

Penyakit

Diabetes adalah penyakit tidak menular yang cukup serius. Penyakit ini disebabkan oleh jumlah gula yang berlebihan.

Gula dan Insulin

Makanan seperti nasi, buah, dan susu pasti mengandung gula. Gula yang berasal dari makanan akan diubah menjadi energi dan disebarkan ke seluruh tubuh. Untuk mengubah gula menjadi energi, tubuh memerlukan bantuan zat insulin.

Zat insulin dibuat sendiri oleh pankreas yang ada di dalam tubuh kita. Tanpa zat insulin, gula yang ada di dalam tubuh kita tidak bisa diolah menjadi energi. Akhirnya, gula yang ada di tubuh kita akan menumpuk di dalam darah.

Baca juga: 5 Hal untuk Mencegah Kegemukan

Dibagi Dua

Diabetes bisa dibagi menjadi dua, yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 1 disebabkan oleh pankreas yang tidak bisa membuat zat insulin. Akhirnya, gula di dalam tubuh terus menumpuk. Jika dibiarkan, orang itu akan mengalami penglihatan yang pudar, luka yang lama sembuh, penurunan berat badan, dan rasa lelah yang terus menerus.

Para peneliti masih belum tahu, apa yang menyebabkan pankreas tidak bisa membuat insulin. Diabetes tipe 1 biasanya menimpa orang di bawah 40 tahun, bahkan anak-anak.

Diabetes tipe 2 disebabkan oleh jumlah insulin yang lebih sedikit, daripada jumlah gula. Karena hal itu, hanya sebagian gula yang diubah menjadi energi. Sebagiannya lagi akan menumpuk di dalam darah. Ada beberapa hal yang membuat jumlah insulin menjadi sedikit, salah satunya adalah lemak jenuh di dalam tubuh.

Diabetes tipe 2 biasanya menimpa orang-orang yang berusia di atas 40 tahun. O iya, orang yang menderita diabetes tipe 2 juga akan mengalami gangguan penglihatan, luka yang lama sembuh, penurunan berat badan, dan rasa lelah yang terus menerus.