Inilah 9 Jenis Hutan Berdasarkan Bentang Alamnya

By Yomi Hanna, Jumat, 1 Desember 2017 | 03:30 WIB
Jenis-jenis hutan berdasarkan bentang alamnya (Hanna Vivaldi)

Hutan dikenal sebagai hamparan lahan yang luas, yang biasanya ditumbuhi banyak pohon. Selain itu, di dalamnya juga terdapat berbagai jenis satwa liar dan sumber daya alam yang membentuk ekosistem yang khas. Hutan bisa terdapat di daerah daratan dan perairan yang dibedakan bentang alamnya. Seperti beberapa jenis hutan di bawah ini. Yuk, kita lihat ada hutan apa saja!

1. Hutan Pegunungan

Hutan ini terletak di daerah pegunungan yang ketinggiannya melebihi 1.000 meter dari permukaan laut (dpl). Hutan pegunungan ini dibagi lagi menjadi 3 jenis, seperti:

2. Hutan Dataran Rendah

Sesuai dengan namanya, hutan ini terdapat di daerah dataran rendah yang ketinggiannya berada di bawah 1.000 meter dpl.

3. Hutan Pantai

Hutan ini terletak di area pantai atau yang berdekatan dengan pantai.

4. Hutan Perairan

Hutan perairan adalah kawasan perairan darat atau laut yang banyak ditumbuhi tumbuhan air atau terumbu karang. Hutan ini biasanya kaya dengan berbagai tumbuhan dan hewan yang hidup dalam ekosistemnya.

Baca juga : Hutan De Djawatan Banyuwangi yang Mirip Hutan di Film Lord of The Rings

5. Hutam Gambut

Disebut hutan gambut karena tanahnya tersusun dari gambut. Gambut di sini maksudnya adalah hasil pelapukan pepohanan yang sudah hidup jutaan tahun lamanya. Struktur tanah hutan gambut biasanya ringan, gembur, dan mengandung banyak air. Sehingga jika kita injak, akan terasa seperti membal. Lahan gambut ini juga menjadi tempat penyimpanan karbon dunia.