Hindari Makanan dan Minuman Ini Agar Batuk Segera Sembuh

By Putri Puspita, Kamis, 30 November 2017 | 07:05 WIB
Yuk, hindari makanan ini supaya sembuh dari batuk. (Putri Puspita)

Batuk memang bisa mengganggu aktivitas dan semangatmu. Apalagi jika tenggorokan rasanya gatal, dada nyeri, hingga sulit bernafas. Nah, agar batuk segera sembuh, sebaiknya teman-teman menghindari makanan dan minuman berikut ini.

Baca juga: Mengenali Jenis-jenis Batuk

Gorengan

Gorengan memang nikmat, apalagi ketika hujan dan dingin. Namun, batuk pun lebih mudah muncul ketika cuaca dingin.

Nah, sebaiknya kita menghindari makanan yang digoreng karena makanan ini membuat tenggorokan semakin kering dan sakit, sehingga batuk akan lebih awet. Apalagi ketika minyak yang digunakan untuk menggoreng sudah dipakai berkali-kali, maka akan semakin berbahaya untuk tenggorokan.

Makanan Manis

Hmmm… untuk teman-teman yang suka makanan manis dan sedang batuk, sebaiknya menghindari makanan manis dulu. Hal ini karena makanan manis dapat meningkatkan produksi lendir ketika batuk. Salah satu makanan manis yang harus dihindari adalah cokelat.

Baca juga: Fakta Seputar Batuk dan Bersin

Nah, selain makanan manis, susu, keju, yogurt, dan makanan tinggi lemak juga sebaiknya dihindari terlebih dahulu karena dapat meningkatkan lendir.

Minuman Dingin dan Es Krim

Pada saat batuk, sebaiknya kita juga menghindari makanan dan minuman dingin, termasuk es krim. Makanan dan minuman dingin dapat meningkatkan aliran pembuluh darah ke sekitar tenggorokan sehingga dapat meningkatkan frekuensi batuk.

Pembawa Alergi