Apa Itu Penyakit Difteri?

By Yomi Hanna, Rabu, 6 Desember 2017 | 08:35 WIB
Saat musim hujan, tubuh akan mudah terserang flu dan batuk. (Hanna Vivaldi)

Baru-baru ini, penyakit difteri melanda di beberapa derah di Jawa Barat, Indonesia. Ratusan orang sudah terkena dampaknya, baik anak-anak maupun orang dewasa. Sebenarnya difteri ini penyakit apa, ya?

Penyakit yang Menyerang Selaput Lendir dan Tenggorokan

Difteri merupakan infeksi bakteri yang menyerang selaput lendir dan tenggorokan. Bakteri penyebab difteri ini bisa menghasilkan racun yang merusak jaringan pada manusia, terutama bagian hidung dan tenggorokan. Untuk mencegah difteri, kita perlu mendapatkan vaksin terlebih dahulu.

Baca juga : Penyakit yang Sering Muncul di Musim Hujan

Penularan Difteri

Nama bakteri yang menyebabkan penyakit difteri adalah Corynebacterium. Bakteri ini menyebarkan penyakit lewat partikel di udara, benda-benda pribadi, serta peralatan rumah tangga yang sudah tercemar.

Jika kita tidak sengaja menghirup udara dari batuk atau bersin orang yang terkena penyakit ini, maka kita juga bisa tertular difteri. Ini adalah media yang paling cepat menyebarkan penyakit, apalagi saat berada di tempat yang ramai.

Baca juga: Cara Mencegah Penyakit Tidak Menular

Kita juga bisa terkena penyakit ini dari benda-benda pribadi yang sudah tercemar oleh bakteri Corynebacterium. Menyentuh luka yang sudah terinfeksi juga bisa membuat kita terkena bakteri Corynebacterium.

Tanda-tanda dan Gejala Penyakit Difteri

Penyakit ini banyak tersebar di negara-negara berkembang yang angka vaksinasinya masih rendah. Difteri dapat dialami siapapun, baik usia muda maupun tua.

Ciri-ciri mereka yang menderita penyakit difteri: